Menjelang Kedatangan Jemaah Haji, Kemenag Tetapkan Satgas PPIH Debarkasi Solo

Semarang – Prosesi inti ibadah haji usai sudah, sesuai dengan rencana Perjalanan Haji (RPH) dan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi/Debarkasi Solo 1437 H/ 2016 M bahwa jemaah haji Indonesia khususnya Embarkasi Solo yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pada masa pemulangan gelombang I akan dipulangkan dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada Minggu (18/09).

Musim haji tinggal menunggu hari, segala persiapan telah dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah khususnya Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah telah menetapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) beserta Satuan Petugas (Satgas) PPIH Embarkasi Solo 1437H/ 2016M.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Noor Badi saat diwawancarai menjelaskan bahwa operasional penyelenggaraan ibadah haji masa pemulangan akan kembali dimulai, untuk itu Kepala Kanwil telah menunjuk Satuan Petugas (Satgas) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo utnuk membantu tugas dan fungsi PPIH secara teknis selama masa pemulangan jemaah haji ke Tanah Air.

“Guna mendukung tugas PPIH selama operasional ibadah haji masa pemulangan maka dibentuk satgas PPIH, sehingga secara teknis satgas akan membantu tugas dan fungsi PPIH selama masa pemulangan di Debarkasi Solo, sekaligus kami juga sudah mengirimkan SPMA kepada satgas PPIH untk dapat masuk Asrama Haji Donohudan pada Jumat (16/09) besok,” jelas Noor Badi di ruang kerjanya, Kamis (15/09).

Memang teknis pekerjaan selama masa pemulangan tidak seberat pada masa pemberangkatan, untuk itu diadakan pengurangan jumlah satgas PPIH debarkasi Solo yang dalam masa pemberangkatan berjumlah 264 petugas, kini tingga berjumlah 176 petugas.

“Berkurangnya jumlah Satgas PPIH bukan berarti berkurangnya pelayanan bagi jemaah haji yang kembali dari Tanah Suci, namun lebih dikarenakan beban kerjanya relatif ringan dibandingkan pada masa pemberangkatan,” lanjutnya.

Rencananya, setelah masuk asrama PPIH maupun Satgas PPIH akan melakukan registrasi dan dilanjutkan dengan pengukuhan Satgas PPIH Debarkasi Solo pada Jumat malam (16/09), kemudian dihari Sabtu (17/09) masing-masing bidang akan melaksanakan rapat koordinasi pembagian tugas sekaligus penataan ruang kerja serta Sabtu malamnya melakukan istigotsah bertempat di Masjid Al Mabrur yang terletak di komplek AHD.

Selanjutnya pada Minggu pagi (18/09) seluruh PPIH beserta Satgas PPIH akan melaksanakan apel siaga satgas dalam rangka persiapan operasional haji masa pemulangan serta persiapan penyambutan kloter 01 yang berasal dari Kabupaten Tegal yang akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 19:25 WIB. (gt/gt)