Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Kankemenag Purbalingga Ikuti Lomba PBB

Purbalingga – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengirimkan 1 Regu Putra yang beranggotakan 11 orang untuk mengikuti Lomba PBB tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2017.

Lomba yang dilaksanakan selama 3 hari berlangsung tanggal 21 – 23 Agustus 2017 di Alun-alun Purbalingga. Koordinator Kontingen, Ghofir menjelaskan bahwa regunya terdiri dari 10 orang regu inti dan 1 orang cadangan telah berlatih dan mempersiapkan diri sejak seminggu sebelum pelaksanaan lomba. Pihaknya merasa optimis karena selama berlatih didampingi dan dibimbing oleh personel TNI dari Koramil Purbalingga.

“Regu kami terdiri dari 10 personel inti dan 1 orang cadangan, semuanya aparatur sipil negara (ASN) Kankemenag Purbalingga termasuk dua orang satpam. Yang menjadi Komandan Regu adalah Nurtofik dari Bagian Keuangan. Persiapan kami hanya seminggu, tetapi dengan  pelatih dari  Koramil kami semuanya optimis menghadapi lomba ini,” ungkap Ghofir.

“Selain Regu inti dan cadangan, kami juga menyertakan suporter dan pewarta kegiatan,” tambahnya.

Salah seorang Panitia Penyelenggara yang berhasil dihubungi, Yusup Budi Prasetya dari Pemda Purbalingga menjelaskan bahwa kegiatan lomba ini sudah rutin dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh instansi pemerintah yang ada di wilayah kabupaten Purbalingga baik SKPD maupun BUMD termasuk instansi pusat yang ada di Purbalingga.

Lomba PBB ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun sesuai program. Adapun tanggung jawab kegiatan diserahkan kepada SKPD yang ditunjuk. “Seperti halnya lomba kelihaian mengendarai becak bagi abang becak yang juga sedang berlangsung di depan Kabupaten yang ditangani oleh Dinas Perhubungan. Peserta lomba PBB tahun ini ada 95 regu dari berbagai instansi pemerintah di bawah Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, BUMD dan instansi pusat yang ada di Purbalingga,” jelas Yusup.

Sedangkan terkait kejuaraan, para peserta lomba menyerahkan hasil penilaian sepenuhnya kepada Dewan Juri yang berasal dari unsur TNI dan POLRI. Intinya mereka merasa bangga dapat ikut berpartisipasi dan menunjukkan rasa cinta Tanah Air melalui lomba PBB ini. (sar/gt)