MIN Jetis Menuju Prestasi Dokter Kecil Tingkat Kabupaten

Sukoharjo – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jetis, Athifah Nadia Syafa, berhasil mengukir prestasi pada ajang Lomba Dokter Kecil yang dilenggarakan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Sukoharjo pada Senin (10/4) bertempat di Aula Sekolah Dasar (SD) Negeri Sukoharjo 2.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan tersebut diikuti oleh 48 peserta perwakilan dari seluruh SD/MI di Kecamatan Sukoharjo. Kompetisi dibuka langsung oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan, Sri Lestari. Pada sambutannya, Sri Lestari berpesan kepada seluruh peserta untuk semangat dan menyelesaikan seluruh proses lomba sampai selesai dan tiga terbaik akan mewakili Kecamatan Sukoharjo untuk berkompetisi pada ajang serupa di tingkat kabupaten.

Lomba Dokter Kecil tingkat kecamatan terdiri dari  dua tahap, yakni uji tertulis dan praktik. Pada uji tertulis, setiap peserta harus menyelesaikan 45 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian dalam waktu 60 menit. Hasil dari uji tertulis diambil lima terbaik untuk melanjutkan uji praktik. Pada uji tertulis, Athifah Nadia berhasil meraih peringkat pertama dengan nilai 75.

Pada tahap kedua, setiap peserta harus menyelesaikan 3 jenis tes, yakni pembuatan artikel, tes kesehatan, dan unjuk kerja. Pembuatan artikel dilaksanakan selama 30 menit dan setiap peserta harus mempresentasikan tulisan yang dibuat. Athifah Nadia kembali berhasil menjadi yang terbaik dengan meraih nilai 430, diikuti peserta dari MIN Sukoharjo dan SDN Gayam 1.

Berdasarkan hasil uji praktik tersebut, Athifah Nadia beserta 2 siswa lainnya berhak mewakili Kecamatan Sukoharjo pada ajang serupa di tingkat kabupaten Sukoharjo yang rencananya akan diselenggarakan Senin (18/4) di SDN Jetis 1 Sukoharjo.

Kepala MIN Jetis, Danuri, menunjukkan kegembiraannya atas prestasi yang diraih siswanya. Danuri memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah melakukan pendampingan dan pembinaan menjelang lomba. 

“Pembina UKS harap berkoordinasi dengan Puskesmas Sukoharjo guna mempersiapkan kompetisi di tingkat kabupaten,” pinta Danuri. 

Danurisangat berharap MIN Jetis dapat kembali mengukir prestasi Juara Lomba Dokter Kecil Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang pernah diraih. (Pry/ Wul)