Minim Kendala, Pelaksanaan AKMI Hari Pertama MIM Karangtengah Berjalan Lancar

Banjarnegara – Pelaksaanaan  Asesmen Kompetensi Madrasah  Indonesia (AKMI) hari pertama diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 5 MIM Karangtengah  berjalan lancar. Materi  yang dujikan pada AKMI hari pertama Sabtu (13/11)  adalah  literasi membaca dan literasi sains. Kegiatan ini dilaksanakan dengan membagi peserta menjadi dua sesi, sesi pertama pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-16.00 WIB.

Yustriana  selaku Proktor AKMI MIM Karangtengah bersyukur karena pelaksanaan AKMI hari pertama berlancar tanpa ada hambatan yang berarti. Ia berharap pada pelaksanan hari berikutnya juga bisa berjalan lancar.

“Alhamdulillah, assesmen hari pertama ini berjalan dengan lancar. Semoga hari berikutnya terus berjalan lancer,” ujarnya.

Sementara itu pengawas AKMI MIM Karangtengah, Bakhron Sodik  berharap agar pelaksanaan AKMI  ini dapat berdampak positif bagi madrasah dan bisa meningkatkan kualitas madrasah.

“Semoga asesment ini benar-benar bisa memberi dampak berdampak positif dan endingnya bisa meningkatkan kualitas pembelajaran madrasah,” harapnya.

AKMI merupakan kegiatan penilaian kompetensi madrasah terhadap seluruh peserta didik dijenjang MI, MTs dan MA sebagai barometer untuk mengembangkan kapasitas diri dan partisipasi positif pada masyarakat.  Ini merupakan metode penilaian komprehensif untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan peserta didik pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya serta survey karakter. Hasil assessmen nantinya dapat digunakan oleh madrasah untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan sebagai dasar dalam menyusun rancangan pembelajaran. (bs/ak/rf)