Motivasi Memperkuat Keyakinan Siswa

Kesesi- Sebentar lagi Siswa kelas 9 MTs akan menghadapi ujian akhir, seperti halnya pada siswa kelas 9 MTsN Kesesi Kabupaten Pekalongan, untuk memotivasi peserta didiknya Kepala Madrasah, Drs. H Shobirin beberapa waktu yang lalu senin (3/3) Hal tersebut disampaikan langsung pada siswa MTsN Kesesi khususnya siswa yang akan menempuh ujian untuk siswa memberikan semangat kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh dan juga berdo’a, belajar dengan sungguh-sungguh dan dibarengi dengan berdo’a merupakan bentuk ikhtiar seorang hamba kepada kholiknya.

Shobirin menghimbau dan berpesan agar menghindari berbagai bentuk kemaksiatan dan perbuatan dosa, karena perbuatan dosa akan merusak pikiran, sebaiknya perbanyak kitab suci Al-Qur’an, berdzikir serta lebih meningkatkan kedisiplinan dalam belajar, agar Allah SWT senantiasa memberikan jalan mudah kepada para siswa yang nantinya akan mengikuti ujian akhir,”tuturnya.

Beliau juga memberikan pesan pada guru pengajar,  Ada berbagai macam cara belajar yang efektif bisa disampaikan pada siswa misalnya guru mampu memahami siswa yang memiliki karakter  visual audio dan kinestetik, visual audio adalah siswa belajar dengan melihat, membaca dengan seksama dan mendengarkan dengan seksama materi dari guru/pengajar, mendengar lebih mudah difahami dari stimulus lainnya, dan siswa kinestetik adalah siswa tersebut akan mudah faham apabila pelajaran dipraktekkan langsung. Ketika kita memahami gaya belajar masing-masing, maka idealnya memperkuat kecenderungan gaya belajar tadi. “terannya.

Sebagai guru yang mengajar harus memahami gaya belajar masing-masing siswanya, siswa yang memiliki kecenderungan kinestetik jangan dipaksakan untuk duduk diam dan mendengarkan menerangkan materi sampai dengan selesai, tetapi harus diberi kesempatan untuk mengerjakan pelajaran secara langsung, artinya siswa semacam ini tidak suka terlalu banyak teori.”imbuhnya. (hfr)