MTsN 4 Rembang Adakan Seleksi Kelas Bilingual

Rembang–Pendidikan merupakan salah satu elemen terpenting bagi kemaju bangsa dan negara. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generas yang berkualitas pula. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan atau concern pada bahasa Inggris untuk tingkatan madrasah atau sekolah.

 Karena itu sudah selayaknya siswa mendapatkan sarana dan prasarana yang memadai, demi menghasilkan human investement dan  man of future.

Untuk meningkatkan skill, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa inggris bagi peserta didik, MTs N 4 Rembang melakukan terobosan baru dengan  program bilingual, hal ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan bahasa inggris para lulusan sekolah tingkat menengah atau madrasah di sumber.  Diharapkan, kelak kedepannya dapat menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa harian di madrasah.

Demikian dikemukakan  Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum. Dikatakannya, sebagai tolok ukur awal dan daya serap kemampuan siswa, diadakanlah  tes penilaian akhir semester program bahasa yang dimulai pasca tes reguler selesai yaitu dimulai sejak hari senin-jum'at (10-15/12/2018).
Tes ini dilaksanakan pukul 12.00 WIB sampai 14.00 WIB. Sebanyak 8 kriteria yang diujikan untuk kelas 7 meliputi pelajaran: reading and writing, speaking, pronunciation, grammar, short expression, vocabullary, jurumiyah. Sementara kelas 8 meliputi: grammar, speaking and short expression, pronunciation, ipa, matematika, ips dan ta’limul muta’lim. 
Dan kelas 9 meliputi reading and writing, speaking and  short expression, matematika, ipa, pronunciation, grammar, ta’limul muta’lim.

Masrum mengatakan, sebanyak 6 kelas bilingual mengikuti kegiatan evaluasi belajar siswa melalui penilaian akhir semester dengan rincian: kelas VII sebanyak 2 kelas , VIII sebanyak 2 kelas dan kelas IX sebanyak 2 juga. Para peserta didik tampak penuh konsentrasi dalam mengikuti tes kelas program bilingual.

Wiwik Zahrotul Aulia siswa kelas 7 mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Ia mengungkapkan, banyak sekali manfaat yang diperoleh, di antaranya bisa membiasakan diri dengan belajar bahasa asing. “Mudah-mudahan berguna sebagai bekal masa depan,” ucapnya.–dwi/iq/bd