MTsN Winong Pati Gelar Lomba Sains Tingkat SD/MI

Pati – Untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika dan IPA di SD/MI secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai – nilai sportivitas. MTsN Winong Pati mengadakan kegiatan Lomba Sains Tingkat SD/MI yang meliputi Lomba Matematika, IPA dan IPS, diikuti 389 siswa/siswi dari SD/MI se Kabupaten Pati di MTsN Winong Pati (26/3)

“Mereka yang dikirim pada Lomba Sains ini sudah terseleksi dari sekolah asal daerah masing-masing, sehingga mereka ini mewakili wilayah kecamatannya,” kata Moh. Alimin yang merupakan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Pati saat membuka kegiatan ini.

Alimin berharap ajang adu kemampuan di bidang akademik tersebut bisa memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah untuk berprestasi sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing,’ujarnya.

Ditambahkan Alimin, “Lomba sains ini bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah agar terus meningkatkan kemampuan intelektualnya, bahkan bisa melahirkan siswa yang berprestasi di bidang akademik,” ucapnya.

Menurut Alimin, Lomba ini bertujuan memotivasi siswa madrasah mengembangkan potensinya menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul dengan mengembangkan bakat dan minat di bidang matematika dan IPA sehingga dapat berkreasi dan berinofasi sesuai dengan kemampuannya.

Lebih lanjut Alimin mengatakan, Kegiatan ini juga bisa memotifasi siswa SD / MI agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berfikir nalar,”jelasnya.

Di akhir sambutannya Alimin berharap, Dengan terselenggaranya lomba ini bisa memunculkan bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta Internasional Mathematic and Science Olympiad (IMSO),”harapnya.

Hasil lomba sains ini menghasilkan juara di bidang Matematika: 1. M. Hanif-SD Kalidoro, 2. Elok Fela-SD angk lor 3, 3. Pandyaduhita-SD Gabus 1. IPA: 1. Naila K-SD Pulorejo 1, 2. Diajeng – MI Tarbiatul Banin, 3. Fiona Pramudya-SD Gabus 1, dan IPS; 1. Sheifa K-SD Slungkep 2, 2. Dzain Rajib-MI Mambaul Falah Tambakromo,3. Moh. Bait-MI Nihayaturroghibin Kayen. (Athi’/bd)