Obati Penyakit Hati & Fisik Dengan Membaca Al Qur’an

KOTA MAGELANG – Membaca Al Qur’an di bulan ramadhan ini dilipatkan pahalanya. Di bulan suci ini hendaknya kita membiasakan diri membaca kitab suci Al Qur’an. Salah satu amal kebaikan yang banyak dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Al Quran atau tadarus Al Quran. Membaca Al Quran di bulan Ramadhan memiliki banyak pahala dan keutamaan. Salah satunya janji Allah SWT adalah dikumpulkan bersama malaikat di surga saat di akhirat nanti.

Tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan 1442 H yang selenggarakan di Kementerian Agama Kota Magelang secara rutin setiap hari ini merupakan implementasi dari program Ramadhan yang telah direncanakan sebelumnya. Kagiatan yang dimotori oleh Seksi Bimas Bimas Islam tersebut melibatkan seluruh ASN Kementerian Agama Kota Magelang secara terjadwal. Kamis (06/05), tadarus Al Qur’an diikuti oleh ASN Sekjen Kementerian Agama Kota Magelang terlaksana dengan hikmat. Acara ini diakhiri dengan do’a penutup oleh Kassubbag TU, Moh Sunaryanto.  

Mengutip sabda Rasulullah yang di riwayatkan Ahmad ra, Moh Sunaryanto mengatakan “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam. Pahala membaca Al-quran pun semakin bertambah apabila dilakukan di bulan suci Ramadhan” ungkapnya.

Selain itu beliau juga berpesan kepada ASN Sekjen bahwa ”Puasa adalah kegiatan yang dilakukan untuk menahan diri dari nafsu, mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Umat Islam yang sudah baligh wajib menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Berpuasa bukanlah sekedar menjalankan perintah agama. Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik saat menjalankan ibadah puasa” tambah  Moh Sunaryanto.

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an. Setidaknya terdapat beberapa keutamaan ketika kita membaca Al Quran di bulan ramadhan, yaitu akan memberi syafaat di akhirat, memperoleh kebaikan yang berlipat, dikumpulkan di surga bersama para malaikat, menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik, rumah akan lebih bercahaya dan dilindungi dari godaan setan.

Harapannya, agar bulan Ramadhan di tahun ini benar-benar meningkatkan ketaqwaan bagi ASN Kementerian Agama Kota Magelang. Selian itu juga menjadi wadah edukasi dalam membaca dan memaknai kitab suci Al Qur’an untuk meningkatkan kulitas keimanan. (HS)