Optimisme Kakanwil : Digitalisasi Tingkatkan Layanan Publik

Salatiga (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad menyampaikan optimismenya bahwa digitalisasi dapat meningkatkan layanan publik.

Hal itu disampaikan pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA berbasis IT se eks Karesidenan Semarang. Kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Urusan Agama Islam (Urais) ini diikuti 102 Operator Simkah Web pada Bimas Islam Kemenag dan Operator Simkah Web KUA.

Kegiatan akan berlangsung dua hari, rabu hingga kamis 19 s.d. 20 Mei 2021 di Hotel Grand Wahid Salatiga ini sebagai langkah nyata mewujudkan apa yang menjadi program Kementerian Agama yakni transformasi digital.

Nampak hadir mendampingi Kakanwil yakni Kabid Urais, Muh. Arifin, Kasi Kemasjidan, Ismail Khudori dan Sub Koordinator Analisis Kebijakan, Muhtasit.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan wejangannya. Beliau menuturkan memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan dalam hal kebaikan.

“Sebagai pimpinan, orang tua saya memiliki tanggung jawab mengingatkan apa yang baik dan benar, ” tutur Musta'in Ahmad.

“Dan apa yang baik mari kita kembangkan bersama, ini merupakan  bagian dari Majeng yang Ngayomi,” imbuhnya. 

Pada kesempatan ini Kakanwil juga meneguhkan kembali komitmen program prioritas Kementerian Agama dibawah kepemimpinan Gus Menteri.

“Berpijak pada program prioritas Kementerian Agama yakni moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA,” tegas Musta'in.

Kakanwil meminta kita semua melihat agama secara kaffah, utuh, lengkap, dengan penuh pertimbangan dan konstruksi serta memahami baik teks maupun konteks.

“Memahami islam bukan dari konteksnya saja namun dari kaffah. Bagaimana mengekspresikan agama sebagaimana apa yang telah diajarkan kanjeng Nabi, para ulama terdahulu dan guru-guru kita,” jelasnya.

Mengulas kembali program prioritas Digitalisasi layanan publik, mau nggak mau harus masuk disitu. Banyak hal di dunia ini terpaksa namun kita harus bisa mengikuti.

Kakanwil menjelaskan bahwa kita ingin membuat sejarah baru diera sekarang ini dan KUA yang akan jadi pelopornya, dengan cara bagaimana kita meyakinkan pada para pemangku kebijakan anggaran tentang pentingnya pekerjaan kita supaya mendapat dukungan secara anggaran. 

Menutup acara Kakanwil menyampaikan pentingnya mengelola Sumber Daya Manusia (SDM). Kekompakan SDM sangat berpengaruh terhadap keberhasilan. Satu waktu kita menyadari bahwa hal itu penting untuk dilaksanakan. Ada waktunya juga kapan berdiskusi, dievaluasi serta pada waktunya juga harus dieksekusi. Semoga kita dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. qq