P3H Klaten, Siapkan Satu Titik Penjemputan Jamaah Haji

Klaten – P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji) Kabupaten Klaten tahun 2017 siap menyambut pemulangan jamaah haji Klaten dan terpusat pada satu titik penjemputan yang dipusatkan di GOR Gelarsena Klaten.

Demikian di sampaikan Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten M Yusuf dalam rapat koordinasi pemantapan P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji) Kabupaten Klaten yang bertempat di Aula Kopenda Kemenag Klaten yang diikuti seluruh P3H dari unsur pemda Klaten, Polres Klaten, Kemenag Klaten, PMI, ORARI/RAPI dan Kepala KUA (13/09).

Ini merupakan tidak lanjut dari rakor yang pertama, dan merupakan hasil final yang telah disepakati bersama, pemulangan jamaah haji Kab. Klaten 1438H/2017M dari Asrama Haji Donohudan ke Klaten dengan rute melewati jalan utama Solo-Jogja langsung menuju GOR Gelarsena, dan memakan waktu kurang lebih satu jam sampai titik penjemputan.

“Kepada semua panitia diharapkan melaksanakan tugas dengan baik dan tanggung jawab, agar proses penjemputan sebagai bentuk pelayanan terbaik yang kita berikan kepada jamaah haji,” tandasnya.

Sudah menjadi permasalahan yang klasik dari tahun ke tahun, mengatur penjemput atau keluarga jamaah haji agak sulit, komunikasi koordinasi diantara petugas dan penjemput mutlak diperlukan untuk kenyamanan bersama.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Yusuf menegaskan, untuk ketentuan penjemput atau keluarga jamaah haji, hanya 1 (satu) orang yang bisa masuk ke GOR Gelarsena dengan menunjukkan tanda masuk GOR (tanda masuk sama dengan pada saat pemberangkatan), penjemput/keluarga dihimbau agar tidak menjemput di Donohudan.

Lebih lanjut Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Klaten Waznan Fauzi mengatakan, semua jamaah haji asal Klaten sudah ada yang jemput dari pihak kami, keluarga tidak boleh ke Asrama Haji Donohudan lebih baik menunggu di GOR Gelarsena, ditakutkan apabila terjadi penumpakan pengunjung disana.

Ditambahkan, untuk pengambilan koper akan dipusatkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, dengan menunjukkan tanda terima penyerahan koper dari Kemenag pada saat pengumpulan koper.

“Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten melalui KUA untuk segera menyampaikan dan mensosialisasikan hal ini kepada keluarga jamaah haji di tiap-tiap Kecamatannya, untuk bisa memahami aturan yang sudah ditetapkan panitia, sehingga proses penjemputannya berjalan lancar dan nyaman. Berikan pelayanan yang terbaik pada jamaah haji,” harap Waznan.

Jadwal kepulangan jamaah haji kloter 33 tiba di SOC 17 September 2017 jam 07.40 WIB, untuk kloter 81, 82, 83 tiba di SOC 02 Oktober 2017 jam 01.05 WIB, 02.55 WIB dan 10.05 WIB.(aj/Wul)