Pancasila Menjadi Landasan Membangun Indonesia yang Gemilang

Semarang (Humas) – Masih dalam masa pandemi, maka Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 diperingati secara virtual reality yang dilaksanakan serentak mulai pukul 07.45 WIB dan terpusat di Gedung Pancasila. Jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengikuti peringatan secara daring di ruang teleconference lantai 3 pada Selasa (1/6).

Tampak hadir, Musta’in Ahmad selaku Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Fajar Adhy selaku Kabag TU, Afief Mudzier selaku Kasubbag Umum dan Humas, Ahmad Faridi selaku Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi. Seluruh pengawai Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara daring dari rumah masing-masing.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk benar-benar memanfaatkan peringatan Hari Lahir Pancasila untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara, sebab tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. 

“Globalisasi dan interaksi di belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetensi, khususnya rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan ideologi,” ucap Joko Widodo.

“Ideologi transnasional makin meningkat, memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontestasi ideologi. Revolusi Industri 4.0 menyediakan kemudahan dalam berkomunikasi dan berorganisasi lintas negara,” tegasnya.

Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, seluruh kalangan, seluruh usia dan tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan distribusi teknologi. Maka perlunya pendalaman nilai-nilai Pancasila secara luar biasa dengan memanfaat perkembangan iptek terutama revolusi 4.0.

Di akhir kegiatan, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad, berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Jawa Tengah untuk mensyukuri karunia Allah kepada Indonesia dengan adanya Pancasila. 

“Kita bersyukur atas karunia Allah SWT, Pancasila menjadi dasar negara kita menghantarkan Indonesia sampai kepada kemajuan perkembangan di era sekarang,” ucap Kakanwil 

“Di era mendatang  Pancasila menjadi landasan kita untuk menemukan cara-cara baru dengan terus memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila. Kita ingin membangun Indonesia yang gemilang, Indonesia yang raya dalam sendi-sendi kebersamaan dalam kebhinekaan,”
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 disiarkan langsung di kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, laman Facebook Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Instagram Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan siaran TVRI. Maka seluruh rakyat Indonesia bisa turut mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dari rumah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Dihimbau juga bagi seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 hari pada tanggal 1 Juni 2021.