Pantau Pelaksanaan PAT Di Madrasah Pengawas Madrasah Melakukan Monitoring

Batang – Untuk melihat secara dekat kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) di madrasah seluruh kabupaten Batang, Para pengawas Madrasah melakukan monitoring dan evaluasinya sesuai dengan madrasah binaanya. Madrasah di Kecamatan Gringsing yang merupakan binaan dari salah satu pengawas madrasah Nuruddin, hari itu Jumat (4/06) dilakukan monitoring dan evaluasinya.

Disela-sela kesibukanya Nurudin mengatakan bahwa Monitoring PAT Madrasah di samping untuk melihat pelaksanaan pembelajaran di Madrasah selama satu tahun pelajaran, juga untuk melihat dari dekat kegiatan pelaksanaan PAT secara riil.

“Maksud dan tujuan monev PAT ini adalah melihat secara langsung pelaksanaan dari PAT diseluruh madrasah, apakah dapat dilaksanakan dengan baik atau terdapat kendala, bila ada kendala maka itu akan menjadi temuan untuk dibahas ditingkat kabupaten guna mendalami permasalahan itu dan mencari solusi terbaiknya,” jelas Nurudin.

Dia menambahkan bahwa PAT kali ini penting untuk kita cermati, karena satu tahun belakangan ini para siswa hanya menerima pembelajaran secara daring tidak tatap muka karena pandemic covid 19 ini, sementara PAT merupakan barometer ketuntasan belajar siswa, apakah siswa selama satutahun belajar secara daring itu berhasih atau tidak dilihat dari hasil PAT kali ini.

Sementara itu kepala MII Ketanggan kecamatan Gringsing Nur Khoyin, dalam keterangannya mengatakan bahwa Pelaksanaan PAT di MII Ketanggan pada hari itu sudah berjalan 3 hari, dan pelaksanaannya cukuplancar sesuai dengan harapan kita semua.

“ Tiga hari ini Madrasah telah menyelenggarakan PAT, dan Alhamdulillah dapt berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang berarti, siswa dapat menyelesaikan soal-soal sesuai target waktu,” jelas Nur Khoyin.

Dia juga menegaskan bahwa dalam pelaksanakaan PAT Madrasah ini tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat, dengan jalan seluruh siswa menggunakan masker, dan di depan pintu tersedia tempat cuci tangan dengan sabun, serta jarak duduk antara siswa satu dengan  berjauhan.

“Kami menyampikan terima kasih atas kedatangan pengawas, semoga kedatangannya membawa berkah untuk Madrasah kami disini, motifasi dan dukungan terhadap pelaksanaan pembelajaran sangat kami harapkan, pembinaan yang sifatnya berkelanjutan dan kami harapkan agar madrasah kami bisa bersaing dengan sekolah yang lain, minimal kita dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan satuan pendidikan yang lain Dan semoga kami bisa melampauhi yang lain sehingga Madrasah hebat bermartabat dapat benar benar kami raih,” tambahnya.

Diakhir monitoringnya Pengawas ikut menyaksikan serah terima wakaf tanah dari seseorang hamba Allah pada MII Ketanggan, pemberian wakaf ini semoga mengispirasi banyak orang baik untuk ikut ambil bagian untuk perkembangan madrasah kedepannya.  (Nuruddin/siswo/Zy)