Pastikan Ujian Dilaksanakan Sesuai Aturan, Kemenag Wonogiri Lakukan Monitoring

Wonogiri – Untuk memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan sesuai aturan, Kankemenag menerjunkan tim monitoring ke MI se Kabupaten Wonogiri, 16 – 20 April 2018.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Wonogiri, Subadi, Rabu pagi (18/04) monitoring merupakan salah satu upaya untuk menyemangati para peserta ujian dan menjamin pelaksanaan Ujian Madrasah Ibtidaiyah tahun 2018. Selain itu, pemantaun juga memiliki fungsi penting, yakni sebagai salah satu usaha untuk memastikan bahwa ujian dilaksanakan sesuai aturan. Pelaksanaan Ujian Madrasah Ibtidaiyah, menurut Subadi  harus disikapi dengan serius mengingat moment tersebut sebagai bahan evaluasi yang harus di laksanakan dengan jujur, aman, tertib serta peserta didik mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar.

Selain UM merupakan momentum untuk lebih mengenali kemampuan diri. Karenanya, kejujuran dan nilai integritas dalam menjalani ujian harus dikedepankan, sudah semestinya moment ujian dihadapi dengan semangat untuk lebih giat belajar.

Saat pemantauan dan monitoring, Kepala Kantor Kemenag mengatakan bahwa indikator keberhasilan pelaksanaan ujian adalah sukses penyelenggaran dan sukses hasil.

“Sukses penyelenggaraan bisa dilihat pada beberapa indikator, yakni berjalan dengan baik, kredible, aman, tertib dan lancar. Sukses hasil ditandai dengan raihan prestasi para siswa yang maksimal pada semua mata pelajaran yang diujikan,” tegas Subadi 

Kepada para peserta ujian Kakankemenag mengucapkan selamat berjuang, semoga mendapatkan hasil yang terbaik dengan mampu menjawab soal yang diujikan secara tepat, meminta utamakan kejujuran dan ketelitian dalam mengerjakan ujian.

Sedangkan Plt. Kasi Pendidikan Madrasah menekankan bahwa untuk seluruh kepala madrasah yang akan menggelar UM MI, Madrasah tidak perlu terlalu khawatir yang terpenting adalah mari kita siapkan seluruh aspek yang berkaitan dengan ujian tersebut.

“Madrasah harus selalu menyatukan komitmen dan integritas  untuk menyiapkan diri dalam menghadapinya, Semoga Ujian Madrasah MI Kab. Wonogiri tahun 2018 dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai dengan ketentuan yang ada,” harap Sarwono. (mursyid & Heri/Wul)