Pelantikan PMR MTsN 3 PATI, Melantik Generasi Remaja Sehat Siap Tanggap

PATI – Pagi yang cerah itu, setia menemani setiap langkah pasukan baru anggota Palang Merah Remaja dalam perjalanannya menuju tempat pelantikannya. Sebanyak lima puluh siswi MTs Negeri 3 Pati mengikuti pendadaran dan pelantikan anggota baru Palang Merah Remaja (PMR) Madya Unit MTs Negeri 3 Pati, beralamat di Jalan Raya Pati Gembong Km 10 Pati, Minggu (15/4/2018).

Kegiatan pendadaran dan pelantikan anggota baru PMR tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua PMI Kabupaten Pati beserta pengurus Cabang PMI Kabupaten Pati lainnya di halaman MTsN 3 Pati.

Dalam sambutan arahannya, Wakil Ketua PMI Kabupaten Pati Bambang Santosa mengatakan, rasa sosial kemanusiaan memang harus ditanamkan sejak dini. Kegiatan PMR yang dimiliki PMI merupakan suatu wadah untuk menanamkan rasa sosial kemanusiaan.

“Untuk itu saya menghimbau kepada anggota PMR harus menjadi orang pertama dalam memberikan pertolongan kepada orang yang terkena bencana maupun musibah. Untuk itulah, pelatihan anggota PMR harus selalu ditingkatkan kualitasnya,” terangnya.

Lanjut Bambang, “Dengan didasari oleh prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah, yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan, serta mengacu pada tujuan PMI meringankan beban penderita, pendidikan kepalang-merahan harus mampu membangun insan yang cerdas dan kompetitif,”

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan anggota PMR yang baru dapat lebih siap tanggap dan mengerti bahwa menjadi anggota PMR merupakan tugas mulia dan bisa menumbuhkan semangat tolong-menolong dalam kesehariannya. “Semangat bertugas semua” ucap Bambang dengan suara agak tinggi.

Pada saat upacara penutupan, Kepala MTs Negeri 3 Pati Teguh Santosa, berpesan supaya para anggota baru tetap utuh. Di penghujung acara, dilaksanakan kegiatan penyiraman bunga kepada anggota baru, sekaligus menandai selesainya kegiatan tersebut. (Ts/Athi’/bd)