Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung KUA Gunungpati

Semarang – Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah proses pengadaan barang/ jasa pembangunan gedung Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dilaksanakan dengan metode pelelangan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Setelah pemenang penyedia barang/ jasa ditetapkan, Senin (12/06) diselenggarakan acara seremonial peletakan batu pertama pembangunan gedung KUA oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib.

Acara dihadiri oleh Muspika, Danramil, Kapolsek, lurah dan tokoh masyarakat setempat. Hadir pula Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala KUA Gunungpati dan beberapa Kepala KUA wilayah sekitarnya, Tim ULP, Tim Pokja, konsultan perencana dan konsultan pengawas. Disamping itu juga diikuti oleh perencana dan beberapa pegawai Kemenag Kota Semarang.

Kakankemenag menyampaikan, keberadaan tanah KUA di 16 kecamatan se-Kota Semarang belum semuanya milik Kementerian Agama. “Di Kota Semarang hanya ada 4 (empat) KUA kecamatan yang berdiri di atas tanah milik Kemenag, lainnya adalah pinjam pakai milik Pemkot Semarang,” ungkap Kepala Kantor.

Oleh karenanya ia berharap semoga anggaran pengadaan tanah dan pembangunan gedung KUA Gunungpati yang dibiayai dengan dana Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) ini, pada tahun mendatang segera diikuti oleh kucuran anggaran gedung KUA di kecamatan lainnya.

Gedung KUA Gunungpati yang terletak di Kelurahan Mangunsari tersebut nantinya selain digunakan untuk pelayanan KUA juga dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan manasik haji tingkat kecamatan.

Ia meminta semua muspika, aparat, tokoh masyarakat dan semua warga Gunungpati dapat mendukung terlaksananya pembangunan gedung tersebut. “Gedung KUA ini akan membawa wajah kecamatan Gunungpati, karenanya kami titip kepada semua pihak agar ikut menjaga, mengawasi dan mendoakan semoga semuanya selesai sesuai rencana yang diharapkan,” pintanya.

Ia mohon do’a restu kepada semua pihak semoga dengan dimulainya proses pembangunan pada tanggal 17 bulan Ramadhan bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran dapat membawa keberkahan dan diijabah oleh Allah SWT.

Selanjutnya Habib berharap pembangunan gedung 2 lantai tersebut berjalan dengan lancar dan selamat tanpa ada aral sesuai yang diharapkan. Doa bersama dipimpin oleh Kepala KUA Gunungpati Syaifudin.

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji oleh Kakankemenag Kota Semarang diikuti oleh perwakilan dari Camat, Danramil, kemudian Polsek dan tokoh warga setempat.(ch/gt)