Pembentukan Pokja Prahum Optimalkan Fungsi Kehumasan

Solo (Humas) – Sebagai upaya optimalisasi fungsi kehumasan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar Sosialisasi, Koordinasi, dan Konsolidasi Pengelolaan Kehumasan dan Pengelolaan Website di The Sunan Hotel Solo, Jalan A. Yani No. 40, Kerten, Kecamatan Laweyan Kota Surakarta, Selasa-Rabu (12-13/10/2021).
Kegiatan ini untuk meningkatkan fungsi humas dalam melaksanakan layanan kepada masyarakat melalui publikasi. Publikasi meliputi kinerja, layanan, dan prestasi Kementerian Agama.
“Kegiatan ini sebagai upaya mengoptimalkan tugas fungsi kehumasan pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Ketua Panitia, Nurzaini Wahyu Widodo dalam sambutannya, Rabu (13/10/2021).
Nurzaini mengatakan, konsolidasi ini mengupas berbagai permasalahan, mengurai bersama permasalahan, serta berbagi pengalaman.

“Dengan penguatan melalui koordinasi dan kolaborasi, Humas di lingkungan Kanwil Kemenag Jateng diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dalam menyajikan informasi-informasi yang relevan dengan mengedepankan pelayanan kepada publik,” imbuhnya.
Selain Pembinaan dan sharing kehumasan, hari kedua ini difokuskan pada pembentukan Kelompok Kerja Pranata Humas (Pokja Prahum) jajaran Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Pembentukan Pokja Prahum ini adalah moment yang telah ditunggu-tunggu oleh para JFT Pranata Humas dan para calon JFT.
Nurzaini juga mengatakan, Pokja Prahum ini dibentuk sebagai wadah organisasi yang menaungi pranata humas atau calon pranata humas di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. “Wadah organisasi ini akan menjadi wadah bagi anggotanya dalam melakukan koordinasi guna meningkatkan fungsi kehumasan. Selain itu juga menjadi wadah untuk sharing dan mencari solusi atas kendala yang dihadapi,” kata Nurzaini.
Ditambahkan Nurzaini, dengan terbentuknya Pokja Prahum ini, diharapkan mampu mendorong humas Kemenag di Kankemenag Kabupaten/Kota maupun Kanwil untuk lebih produktif dan berinovasi.
Pemilihan pengurus dilakukan secara aklamasi. Terpilih sebagai Ketua yaitu Mursidi. Adapun susunan organisasi Pokja Pranata Humas Kemenag Jateng Periode 2022-2024 adalah sebagai berikut :

  1. Ketua : H. Mursidi
  2. Wakil Ketua : Husnul Khotimah
  3. Sekretaris 1 : Shofatus Shodiqoh
  4. Sekretaris 2 : Sri Lestari
  5. Bendahara 1 : Budiawan
  6. Bendahara 2 : Hj. Zulfanah Diana
    Bidang-bidang:
  7. Bidang keanggotaan Keanggotaa dan Peningkatan SDM
    Koordinator : Faozan Bakhtiar
    Anggota : Muklasin
    Ida Nurhidajati dan Reni Kumalasanti Dewi
  8. Bidang Advokasi dan kelembagaan
    Koordinator : Nur Muzayim
    Anggota : Hari Suryono dan Siti Zulaikhah
  9. Bidang Konten Kreatif
    Koordinator : Pasa Adi Nugraha
    Anggota : Sugiyanto dan Agus Budiraharjo T
  10. Bidang Riset dan Literasi Kehumasan
    Koordinator : Athi’ Masyruroh
    Anggota : Moh. Tauhid dan Ahmad Khalwani
    (qq)