Pembinaan Kepala MI Kecamatan Pedurungan Dan Gayamsari Oleh Pengawas Pendidikan Madrasah H. Ahmad Bisyri

Semarang – Pengawas Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah mengadakan pembinaan kepada seluruh Kepala Madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM MI) Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari. Kegiatan tersebut dilaksanakan di MI Darul Ulum Jl. Fatmawati Pedurungan Kota Semarang, Senin (31/5) kemarin..

Dalam pengarahannya, H. Ahmad Bisyri selaku pengawas mengatakan,”bahwa Kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan akhir tahun, diantaranya; Madrasah agar mempersiapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kelaas 1 sd kelas 5 yang sesuai kalender pendidikan dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni 2021, Pengumuman Kelulusan, serta Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru. Kesemuanya itu harus disiapkan dengan sebaik – baiknya, terlebih semua kegiatan itu masih ditengah – tengah pandemic covid – 19″, tegas H. Ahmad Bisyri.

Ahmad Bisyri juga menghimbau, “supaya seluruh keluarga besar madrasah berusaha semaksimal dalam mensosialisasikan ke masyarakat luas tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022, karena dalam kondisi pandemic covid – 19 seperti ini, semuanya dilaksanakan secara online, jika tidak maksimal dalam mensosialisasikan, bisa jadi wali murid yang memiliki putra – putri lulusan RA/TK tidak mengetahui jika di wilayah Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari banyak Madrasah Ibtidaiyah”, imbuhnya.

Kemudian ia juga menekankan pentingnya komitmen dari Kepala Madrasah dan guru sebagai pendidik juga tertib secara administrasi. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa kegiatan penilaian proses pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 harus tetap dilaksanakan secara jujur dan sportif meskipun pelaksanaanya dilakasanakan secara beragam sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah.

Selain itu, karena masih dalam suasana bulan syawal, kegiatan pembinaan tersebut juga dimanfaatkan untuk halal bi halal, saling bermaafan antara Kepala Madrasah dan Pengawas. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara luring (tatap muka) namun seluruh peserta kegiatan tetap menerapkan protocol kesehatan.

H. Amat Komari, salah satu dari Kepala Madrasah di lingkungan Kecamatan Pedurungan dan Gayamsari menambahkan, ” diminta untuk memberikan tausiyah yang intinya adalah “berdoalah dan memintalah sesuai dengan hajat yang dimiliki kepada Allah SWT dengan permohonan yang jelas dan sedetil-detilnya agar apa yang menjadi hajat kita diijabah oleh Allah yang maha rahman. Jangan merasa malu untuk meminta karena kita tidak tahu mana yang akan dikabulkan oleh  Allah SWT.” tambah H. Amat Komari.

Diakhir kegiatan pembinaan tersebut, seluruh kepala madrasah berdoa bersama yang dipimpin oleh Achmad Thoefuri, agar kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 berjalan dengan lancar, sukses, dan mendapatkan peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. (ATS/SAW/HumasDM/bd).