KMD tingkatkan potensi Pembina pramuka

Pati – Mengisi libur semester pada akhir tahun pelajaran 2014/2015 KKMTsN Margoyoso Pati punya acara sendiri yaitu Mengadakan Kegiatan Pramuka bekerja sama dengan Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pati yang saat ini telah melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) yang dilaksanakan pada Hari senin s.d Jum’at tanggal, 22 s.d 26 Desember 2014 di ikuti oleh seluruh Pembina se KKMTsN Margoyoso juga dari Pembina SDN, MIS maupun Madrasah Aliyah di sekitar Margoyoso dengan jumlah 130 Calon KMD.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap Muspida Kabupaten Pati, Kepala MTs Negeri maupun swasta se KKMTs Negeri Margoyoso, Kepala Kankemenag Kab Pati, Pengawas Pendis juga seluruh Pembina Kwartir Cabang Kab Pati.

Dalam sambutan Kepala Kankemenag Kab. Pati Drs. H. Mundakir, M.Si mengatakan bahwa “Kegiatan tersebut sangatlah penting sekali, dengan adanya kurikulum 2013 Pramuka di wajibkan oleh setiap siswa di segala jenjang, baik MI/SD, MTs/ SMP maupun SMA/MA, maka dari itu Mundakir menghimbau agar Pelatihan tersebut harus sungguh-sungguh dilaksanakan dengan disiplin, agar kelak nanti dapat di laksanakan kepada siswa – siswi pada sekolah masing-masing”.

Ditambahkan Mundakir, usai pelaksanaan peserta kursus nantinya bisa terus menerus mengembangkan kemahirannya secara mandiri atau secara berkelompok, Kegiatan ini diharapkan bisa memperkuat penghayatan nilai-nilai kepramukaan dan semakin mempertinggi tingkat kecakapan Pembina Pramuka dalam mengampu peserta didik di pangkalan masing-masing.

Setelah mengikuti KMD diharapkan seluruh peserta bukan saja dapat menerapkan kepramukaan secara efektif dan efsien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya. Tetapi juga mampu membina dan mengembangankan mental, fisik, intelektual, emosial dan sosial sesuai dengan golongannya, sehingga mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.

“Selamat mengikuti KMD, Semoga materi-materi yang diberikan para pelatih dan narasumber bisa diterapkan di gugus depannya masing-masing,” harap Mundakir.

Dalam kesempatan tersebut Kepala MTsN Margoyoso Pati H Srianto, S.Pd. M.Pd.I juga menghimbau pada semua peserta agar sungguh-sungguh melaksanakan apa yang di sampaikan oleh Kakak Pembina Pramuka, mengingat kegiatan tersebut dananya dibiayai oleh Pemda Kabupaten Pati dan harapannya untuk kedepan para Calon Pembina Pramuka tersebut dapat membina dan mengamalkan di satuan kerja masing-masing. (Athi’ & Hammer)