Pengelolaan Data EMIS Ibarat Mata Air

Ungaran – Menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SD/MI yang akan digelar mulai tanggal 8 sampai 12 Mei 2017 mendatang, operator Education Management Information System (EMIS) MI se-Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan Sosialisasi Sinkronisasi Data Peserta US MI di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang pada Jum’at (24/03).

Kegiatan yang diikuti oleh 19 operator Kecamatan ini bertujuan untuk menyinkronkan data peserta US Kemenag dengan data peserta US dari Dinas Pendidikan. Disamping itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemantapan pengelolaan data EMIS yang lebih baik, sehingga menghasilkan sistem informasi yang berkualitas.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Semarang, Muhtadi berpesan agar kegiatan sinkronisasi data calon peserta US MI dikerjakan dengan valid dan terbuka. Artinya, setelah mengumpulkan, menyaring dan mengolah data, operator EMIS harus mampu menyajikan dan mendistribusikan nya kepada pihak-pihak yang membutuhkan, sebab melalui sistem EMIS inilah data Madrasah akan diketahui oleh Kemenag Pusat sebagai laporan.

“Pengelolaan data EMIS Madrasah ibarat mata air, sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah lembaga,” pesan Muhtadi.

Perlu diketahui bahwa untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, data mentah yang dikumpulkan harus memenuhi syarat akurat, konsisten dan tepat waktu. Dengan demikian, informasi yang disampaikan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Dengan adanya kesesuaian antara fakta dengan apa yang disampaikan oleh lembaga-lembaga pendidikan, sebuah lembaga akan semakin berkembang menjadi lebih baik,” imbuhnya. (shl/gt)