Kankemenag adakan Bintek E DUPAK kepenghuluan

Penghulu Wonogiri Ikuti Sosialisasi E-DUPAK

Wonogiri – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, melalui Seksi Bimas Islam dan APRI (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia) Wonogiri, menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-DUPAK) jabatan fungsional penghulu, Kamis – Jum’at, (14 – 15/10) di Aula RM. Alami Sayang Nadirojo yang di ikuti para penghulu se Kabupaten Wonogiri.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Wonogiri, H. Cahyo Sukmana  ketika membuka acara mengatakan, aplikasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-DUPAK) bertujuan untuk mempermudah penghulu dalam mengusul kenaikan pangkat.

Kabijakan tersebut mengacu Surat Edaran dari Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Nomor : B-4924/Dt.III.II.1/PW.01/12/2019 tanggal: 11 desember 2019 tentang: Edaran Aplikasi E-Dupak Penghulu.

Aplikasi E-DUPAK, dijalankan dengan memanfaatkan Aplikasi Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK) pada Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI) Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI.

“Harapan pemerintah dengan aplikasi ini akan mempermudah para penghulu dalam berkarir atau naik pangkat, sehingga ke depan tidak ada lagi DUPAK yang manual, semuanya sudah berbasis online,” tambahnya.

Selain itu E-Dupak memotret data untuk peningkatan dan pengembangan karir maupun profesionalitas Penghulu maka data pribadi yang detail itu juga akan sangat membantu dalam menentukan kebijakan SDM kepegawaian.(mursyid/Sua)