PENTAS PAI diikuti 770 Siswa Sekolah Umum di Jawa Tengah

Boyolali (inmas) – Lokasi strategis berada di tengah-tengah Provsinsi Jawa Tengah, didukung dengan ketersediaan sarana prasarana kegiatan seperti ruang aula, kamar bagi peserta/ pendamping dan panitia serta arena parker yang cukup luas, menjadikan Asrama Haji Donohudan Boyolali menjadi venue dalam penyelenggaraan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat Provinsi Jawa Tengah IV tahun 2017.

Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai leading sector pelaksana kegiatan rutin dua tahunan ini akan mempertandingkan 7 (tujuh) cabang lomba, yakni Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCC), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Debat PAI (LDP) dan Lomba Kreasi Busana (LKB) yang terbagi menurut jenjang tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Menurut Ketua Panitia Lasiyanto, PENTAS PAI dilaksanakan mulai 28 s.d. 30 Agustus 2017 dengan diikuti oleh peserta dari kabupaten/ kota se-Jawa Tengah  sebanyak 770 siswa dan 70 pendamping.

“PENTAS PAI tingkat Provinsi Jawa Tengah IV tahun 2017 melibatkan 840 peserta dan pendamping, 40 panitia pelaksana, 35 dewan juri dan 22 panitera dengan mempertandingkan 11 cabang lomba untuk jenjang SD, SMP dan SMA sederajat,” kata Lasiyanto ketiaka dimintai keterangan saat mempersiapkan upacara pembukaan di Aula Gedung Muzdalifah, Senin (28/08).

PENTAS PAI diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik jenjang SD, SMP dan SM sederajat dalam mengekspresikan dan mengembangkan minat, bakat, potensi, serta kemampuan di bidang Pendidikan Agama Islam serta menjadi media apresiasi kepada siswa atas prestasinya.

“Peningkatan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari menjadi target utama dalam penyelenggaraan PENTAS PAI, disamping sebagai wadah penjaringan bibit-bibit unggul berprestasi di bidang Pendidikan Agama Islam,” imbuhnya.

Lasiyanto menjanjikan, pelaksanaan PENTAS PAI akan berjalan obyektif dan sportif, siapapun yang terbaik dalam setiap cabang lomba dipastikan akan terpilih sebagai perwakilan Kontingen Jawa Tengah dalam even nasional yang akan dilaksanakan Oktober mendatang.

“Dewan juri mohon melaksanakan tugas dengan obyektif sehingga hasilnya nanti akan maksimal, sedangkan bagi para peserta diharapkan mampu mengeluarkan seluruh kemampuan dan potensi dirinya sehingga yang terbaiklah nanti yang benar-benar terpilih menjadi duta Jawa Tengah dalam PENTAS PAI tingkat Nasional yang akan berlangsung Oktober mendatang di Provinsi Aceh,” ungkapnya.

Rencananya pembukaan PENTAS PAI yang akan dilaksanakan siang ini dengan menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Direktur Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Bupati Boyolalo, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Boyolali, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah dan tamu undangan. (gt/gt)