Peringati HAB ke 73, Kemenag Klaten Salurkan Bantuan Pada Siswa Miskin

Klaten – Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif menyerahkan bantuan dari Baznas Klaten kepada anak yatim yang miskin dan pada siswa kurang mampu setelah upacara bendera dalam rangka memperingati HAB Kemenag ke 73 di Alun-Alun Klaten, Kamis (3/1).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif mengatakan, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kemenag Klaten memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalm pengumpulan zakat.

“Secara umum ASN Kemenag alhamdulilah sudah melaksanakan zakat 2,5?ri gaji dan tunjangan kinerja melalui UPZ Kemenag dan disalurkan kepada Baznas Klaten, karena Baznas merupakan badan resmi yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sodakoh (ZIS),” kata Masmin

Sinergitas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dalam meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat, berjalan dengan baik, melalui penyuluh agama Islam yang ada di tingkat Kecamatan dapat memberikan pencerahan akan pentingnya ZIS untuk kemaslahatan umat.

“Dana untuk anak yatim yang diserahkan ini dihimpun dari kalangan ASN dan masyarakat umum di Klaten. Keluarga besar Kemenag Klaten bisa menjadi teladan dalam pengumpulan zakat bagi instansi lainnya di Klaten,” harap Masmin.

ZIS merupakan salah satu bentuk kepedulian pada sesama yang membutuhkan, semoga  meringankan beban saudara-saudara dan siswa sekolah sangat membutuhkannya.

Selanjutnya Masmin Afif menambahkan, dengan adanya bantuan dari Bazda tersebut mudah-mudahan dapat meringankan beban siswa-siswi madrasah yang membutuhkan, semoga tahun lebih baik dan meningkat lagi.

“Semoga dana yang diterima meskipun sedikit dapat bermanfaat dan mengenai sasaran peruntukannya, jangan menilai dari jumlah sisi jumlah nominalnya, semoga keberkahan. Bersama-sama berdoa dan berusaha agar zakat di Klaten yang terkumpul dapat bertambah banyak lagi, sehingga jumlah yang diterima dan penerimanya lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Bupati Klaten bersama Kakankemenag secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 200 anak yatim miskin sebesar @ Rp. 200.000 dan 34 sepeda bagi siswa kurang mampu.(aj/wul)