Peringati Hari Pahlawan, MI Asy Syuhada Adakan Ziarah

Semarang – Peringatan Hari Pahlawan ke-73 juga mewarnai semua madrasah di Kota Semarang. Hal ini terlihat antara lain dari kegiatan MI Asy Syuhada Tlogosari Kulon Pedurungan Kota Semarang. Serangkaian kegiatan digelar antara lain upacara bendera dan ziarah ke Makam Pahlawan Asy Syuhada yang berlokasi di sekitar madrasah, Sabtu (10/11).

Irfan Adib Kepala Madrsah menuturkan kegiatan ini merupakan rutinitas tiap tahun yang diselenggarakan madrasah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

“Disamping mendoakan para pahlawan kegiatan ziarah juga mengandung maksud mengajarkan para siswa bentuk ungkapan terima kasih kepada pahlawan sekaligus kita ajarkan agar siswa madrasah tidak melupakan sejarah bangsa,” terang Kamad.

Kamad menambahkan, ziarah juga sebagai media siswa madrasah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Sang Pencipta.

Salah seorang guru madrasah Sholikhatun menyampaikan kepada para siswa, dengan diadakannya kegiatan mengenang jasa pahlawan seperti ini, anak – anak menjadi mengerti bahwa nikmat kemerdekaan yang kita alami saat ini adalah berkat jasa para pendahulu kita para pahlawan.

“Seandainya tidak ada perjuangan para pahlawan, mungkin saat ini kita tidak bisa menikmati hidup dengan aman, tenteram dan damai. Sudah sepatutnya kita bersyukur sehingga anak – anak saat ini bisa bersekolah dan belajar dengan baik dan nyaman. Tugas kalian sekarang adalah belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita dan mengisi pembangunan,” pesan ibu guru kepada siswanya.

Ziarah dan do'a dipimpin oleh ustadz Mawahib salah seorang guru, diikuti oleh semua siswa, tenaga pendidik dan kependidikan MI Asy Syuhada. (aw-ch/gt)