Peringati Maulid Nabi, MTsN 1 Pati Hadirkan Habib Mahdi Naufal Bin Yahya

Peringati Maulid Nabi, MTsN 1 Pati Hadirkan Habib Mahdi Naufal Bin Yahya

Pati – Man ‘adhoma maulidii kuntu syafi’allahu yaumal qiyamah, “Barang siapa yang memuliakan hari kelahiranKu (Muhammad) maka akan kami berikan syafaat besuk di hari kiamat”

Merujuk pada hadist di atas, maka seluruh keluarga besar MTsN 1 Pati menyelenggarakan kegiatan peringatan hari kelahiran Rosulullah Saw semi virtual di Green Hall madrasah, Selasa (19/10). Kegiatan ini merupakan acara puncak Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang salah seorang  dzuriyat Rasul yaitu Habib Mahdi Naufal bin Yahya asli Pekalongan sebagai mauidhoh dan uswatun hasanahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Mahdi, yang merupakan saudara dekat Habib Lutfi bin Yahya, menjelaskan secara gamblang posisi dan kedudukan Rasulullah Muhammad SAW di sisi dan di hadapan Allah SWT.

Pertama, seandainya Allah tidak menciptakan Muhammad Rosulullah Saw, Allah tidak akan menciptakan dunia seisinya. Jadi, hal ini mencerminkan betapa besar peran Rasulullah atas terciptanya dunia seisinya.

Selanjutnya, Habib Mahdi menyampaikan sebuah ayat Al Quran surat Ali Imron ayat 31 yang artinya Katakanlah (Muhammad) jika kamu benar benar mencintai Allah, maka ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  Dalam ayat ini diterangkan bahwa siapapun yang ingin mendapatkan cinta dari Allah, harus melalui Rasulullah SAW.

Terakhir, Habib Mahdi juga menyampaikan peran Rosulullah terhadap ummatnya yang amat luar biasa, yaitu barang siapa yang membaca satu sholawat kepada Rasulullah, maka Allah membalasnya dengan sepuluh rahmat (pertolongan) Allah.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyampaikan bahwa acara Maulidurrasul dilaksanakan sejak tanggal 1 Rabiul Awal secara istiqomah bersama pendidik dan tenaga kependidikan MTsN 1 Pati. Dalam puncak acara maulid, pihak madrasah juga mengundang para siswa berprestasi periode Agustus-Oktober 2021 beserta walinya.

Syafak merasa bersyukur dapat melaksanakan kegiatan secara istiqomah sehingga MTsN 1 Pati menjadi madrasah terbaik se-Jateng di bidang prestasi. “Al istiqomatu khoirun min alfi karomah, Alhamdulillah berkah istiqomah, MTsN 1 Pati menduduki posisi pertama di Jawa Tengah,” ujarnya.

Di samping itu, Syafak juga mengucapkan terima kasih atas pengorbanan dan perjuangan para siswa dan wali-nya. “Terimakasih kepada anak-anakku dan juga para orangtua, semoga dibalas oleh Allah dengan berkah yang melimpah,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui MTsN 1 Pati merupakan Madrasah terbaik se-Jateng dengan perolehan 447 medali yang dipersembahkan selama tahun 2021 ini. Sehubungan dengan hal tersebut, madrasah menggelar tasyakuran dengan memberikan reward kepada siswa berprestasi yang disaksikan oleh para wali siswa dan komite madrasah. “Semoga menjadi madrasah yang barokah manfaat dan istiqomah serta mendunia,” harap Syafak. (TiM/at)