Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Hanif Hanani memberikan materi Moderasi Beragama di MTsN 6 Boyolali

Perkuat moderasi, MTsN 6 Boyolali Selenggarakan Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama bagi tenaga Pendidik dan Kependidikan

Boyolali – Dalam rangka memberikan pemahaman dan pendalaman moderasi beragama di lingkungan madrasah, MTs.N 6 Boyolali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pegawai MTs.N 6 Boyolali dengan Tema Penguatan Moderasi Beragama Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Acara yang dilaksanakan pada Senin (18/09) tersebut bertempat di aula MTsN 6 Boyolali dan Diikuti oleh seluruh ASN pada MTs. N 6 Boyolali. Bertindak selaku narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Hanif Hanani ┬ádan dimoderatori oleh Pranata Humas, Zulfanah Diana.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 6 Boyolali, Sunyata menyampaikan bahwa moderasi beragama yang menjadi salah satu program nasional Kementerian Agama harus didiseminasikan sampai tingkat bawah. Termasuk di dalamnya madrasah beserta seluruh warganya.

“Moderasi beragama ini harus disampaikan utamanya kepada seluruh warga kementerian agama, tidak terkecuali kepada bapak ibu guru semua, bahkan tidak hanya disampaikan, tetapi harus sampai pada taraf pemahaman dan pengamalan,” kata Sunyata

Moderasi beragama bagi warga madrasah tentunya mempunyai ciri khas tersendiri dalam penerapannya. Didalam madrasah terdapat anggota yang terdiri dari beberapa tingkatan usia mulai dari siswa yang masih berusia belasan tahun hingga pegawai yang sudah akan purna.

“Pemahaman tentang Moderasi beragama hendaknya diselipkan kepada siswa siswi dalam setiap pelajaran, ini menjadi tantangan tersendiri bagi bapak ibu guru untuk menyampaikan kepada murid,” lanjut Sunyata

Tantangan tersebut yang menjadikan landasan MTsN 6 Boyolali untuk menyelenggarakan kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan MTsN 6 Boyolali. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, para pendidik dan tenaga kependidikan mampu berperan aktif dalam membumikan moderasi beragama bagi warga MTsN 6 Boyolali.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan penguatan moderasi beragama ini saya berharap bapak ibu guru dan pegawai di MTsN 6 boyolali mempunyai pemahaman yang baik dan mampu berperan aktif dalam menerapkan moderasi beragama di Madrasah kita tercinta ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Hanif Hanani menyampaikan materi tentang penguatan moderasi beragama sesuai dengan yang diperoleh pada diklat fasilitator moderasi beragama beberapa waktu lalu di semarang. Didampingi oleh pranata humas, zulfanah diana sebagai moderator dalam acara tersebut. (Zoleva/Jaim/rf)