Persiapkan Diri Menghadapi Ramadhan

Rembang – Ramadhan adalah bulan istimewa dalam sepanjang tahun Hijriyah. Oleh karenanya, seorang muslim hendaknya mempersiapkan diri sedini mungkin agar mendapatkan keistimewaan bulan ini.

Demikian dikemukakan Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika mengisi tausiyah dalam pengajian yang digelar oleh PLTU Rembang baru-baru ini. Selain menyongsong Ramadhan, pengajian ini juga diadakan untuk memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW.

Atho’illah menyampaikan sebelum Ramadhan, ada dua bulan yang istimewa yaitu bulan Rajab dan Sya’ban. Sebagian muslim biasanya menjalankan puasa pada bulan ini.

Atho’illah mengatakan, puasa pada bulan Rajab dan Sya’ban adalah dalam rangka mempersiapkan diri untuk memperoleh hasil di bulan Ramadhan. “Ibarat orang berkebun, bulan Rajab adalah waktu untuk menanam, bulan Sya’ban waktu untuk memupuk, dan Ramadhan saatnya menuai hasil tanaman,” jelasnya.

Kepada jamaah pengajian, Atho’illah berpesan untuk memanfaatkan kedua bulan tersebut sebaik-baiknya. “Ini akan menjadi hal yang berat bagi yang belum pernah melakukannya. Namun jika sering dilatih, maka akan terasa ringan dijalankan,” ujar Atho’illah.

Sementara bulan Ramadhan, lanjutnya, adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan kemuliaan di bulan penuh rahmat. Yang terpenting adalah kualitas ibadah. Namun kebanyakan orang terlihat sibuk mempersiapkan diri menjelang lebaran.

“Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung yang mendapatkan berkah Ramadhan,” pungkasnya. — ss/bd