Persiapkan Ujian , PAIS Gelar Rakor Bedah Kisi- Kisi USBN

Blora – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di Kabupaten Blora Kementerian Agama Blora telah mengambil berbagai langkah konkret untuk menjaga mutu lulusannya diantaranya melalui pembinaan, workshop,bimtek, supervisi dan evaluasi ke satuan pendidikan, termasuk evaluasi pelaksanaan Ujian.

Untuk itu, pada Kamis (14/2) kemaren berlangsung Rapat Koordinasi Bedah kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD tahun 2018/2019 di Aula Kankemenag Blora yang didikuti oleh sekitar 60 orang yang terdiri dari Pengurus dan Guru PAI SD  Kecamatan 48 orang, Pengawas PAI TK/SD 10 orang, Kasi PAIS dan seksi PAIS 2 orang.

Kasi PAIS Kankemenag Blora, Muhaimin menyampaikan bahwa untuk menunjang pelaksanan ujian sekolah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat beragam dan tidak dapat diketahui apakah pelaksanaannya sudah memenuhi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) secara nasional, sehingga dengan memperhatikan kondisi pelaksanaan evaluasi sekolah yang beragam, maka perlu dilaksanakan bedah kisi-kisi  Ujian Sekolah Berstandar (USB) Nasional untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat SD, karena yang selama ini dilaksanakan hanyalah membedah kisi-kisi soal yang di UN kan saja.

“ Maksud kami melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi  Penyelenggaraan Bedah Kisi-Kisi USBN PAI SD  tahun 2019 adalah untuk menyampaikan informasi tentang  Kisi-kisi soal USBN PAI SD 2019 , sehingga diharapkan hasil Ujian USBN PAI SD tahun 2019 lebih meningkat yang nanti akan dilanjutkan koordinasi terkait pelaksanaan ujian”paparnya serius.

 Muhaimin juga menjelasakan bahwa kegiatan rakor juga bertujuan untuk menjadi daya dorong peningkatan mutu penilaian Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, upaya pemberian acuan pencapaian kompetensi lulusan pada tingkat satuan pendidikan Kabupaten Blora pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, melakukan evaluasi kinerja satuan pendidikan berdasarkan hasil penilaian Pendidikan Agama Islam, menjadi ukuran Pemetaan mutu Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, dan membantu satuan pendidikan dalam upaya pembinaan dan peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam khususnya untuk Soal UASBN PAI SD pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami harapkan bedah kisi-kisi ini akan menjadi acuan kita dalam membuat soal sehingga bisa kita persiapkan ujian dengan baik dan lancar dan hasil Ujian PAI menjadi semakin berkualitas,”imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua KKG PAI SD, Ahmad Kusni sebagai fasiitator membentuk tim yang terdiri dari beberapa peserta untuk membidangi beberapa soal dan mendiskusikan kisi kisi yang akan menjadi acuan pembuatan soal ujian secara berkelompok dan bersama sama. (ima/rf)