Peserta Didik MAN 1 Tegal Juara III Duta Genre Kabupaten Tegal

Tegal (Slawi) – Remaja saat ini, akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi pemimpin bangsa.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal  menggelar seleksi duta generasi berencana (GenRe) 2018. Proses pemilihan diawali dengan pembekalan di Aula DP3AP2KB pada tanggal 2 Agustus 2018. Selanjutnya penilaian meliputi wawancara, presentasi, dan unjuk kemampuan bakat dan minat di Gedung Muslimat NU Slawi pada tanggal 4 Agustus 2018.

Dalam pemilihan duta Genre Kabupaten Tegal tersebut peserta didik MAN 1 Tegal atas nama Kres Ancelno Fatahillah (XI IPA 1) terpilih menjadi Juara III Putra dan Aufa Senorita Annafi (XI IPA 4) terpilih menjadi Juara Harapan III untuk Putri, keduanya dari Kategori Jalur Masyarakat.

Plt. Kepala MAN 1 Tegal, Amari, mengatakan (6/8), “Saya sangat mengapresiasi yang luar biasa pada Waka Kesiswaan, Pembina, Kres dan Aufa, kami dari sekolah/madrasah tidak bisa memberikan sumbangsih apapun cuma kami memberikan doa sehingga mendapat juara yang maksimal, kami berharap pembina tetap melanjutkan mencari bibit-bibit yang lain”.

Disaat yang sama Pembina PIK, Torikhin, mengatakan ,“Sangat bangga kepada mereka karena hanya dengan 4x latihan, mereka dapat juara yang maksimal”. Hal yang sama diungkapkan pembimbing Kres dan Aufa, Naily Zakiyah, beliau mengatakan  “Sungguh luar biasa, karena  MAN 1 Tegal kali pertama berpartisipasi dalam pemilihan duta genre Kabupaten Tegal, walaupun mereka hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk mempelajari 10 materi generasi berencana dalam waktu 4 hari, tetapi mereka dapat mempresentasikan dan pulang membawa juara”.

Dari kegiatan ini, diharapkan lahir remaja yang bisa menjadi teladan yang baik, motivator, konselor terhadap teman sebaya sesama remaja, serta dapat menyebarkan virus Genre di kalangan remaja. (sochud/rw/rf)