PMR MA NU 01 Banyuputih Gelar Gelar Peringatan HUT PMI Ke-76 Secara Webinar

* Peserta webiner MANU 01 Banyuputih antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri

Batang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, Palang Merah Remaja (PMR) Wira Unit  Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih menggelar Webinar dengan tema “Manajemen PMR Wira di masa pandemi Covid-19”. Webinar tersebut dilaksanakan via Google Meet pada Jumat (17/09) yang lalu.

Kegiatan itu diikuti oleh 29 siswa yang terdiri dari lima belas panitia kelas XII, dua belas peserta kelas XI, satu pembina dan satu anggota Feamal (Organsasi alumni MA NU 01 Banyuputih) dengan pemateri  Rahmawati Yunia Astuti dari KSR (Korps Sukarela) PMI Unit IAIN Pekalongan.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Yuni itu mengatakan ada tujuh materi yang perlu kita pelajari di jenjang PMR Wira, yaitu Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), PRS, Donor darah, Kepemimpinan dan Siaga bencana. Disaat pandemi ini kita memang ditantang dalam mengelola organisasi dan adaptasi menyampaikan materi dengan media online.

“ Adat tujuh materi yang perlu kita pelajari oleh PMR Wira yaitu Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), PRS, Donor darah, Kepemimpinan dan Siaga bencana, namun karena situasi pandemic maka pelatihannya harus dengan online,” kata Yunia Astuti.

* Pemateri dalam webiner peringatan HUT PMI di MANU 01 Banyputih sedang menyampaikan materinya

Dia juga menegaskan bahwa di zaman digital ini, ia menekankan kepada PMR wira untuk bisa memanfaatkan media online. Seperti halnya pada webinar kali ini.

“ Kita harus memahami situasi yang sulit ini, namun sebagai anggota PMR kita jangan tenggelam dalam suasana sehingga tidak melakukan apa-apa, kita harus sedapat mungkin memanfaatkan fasilitas yang dapat digunakan kususnya media online ini,” tegasnya.

Pembina PMR MANU 01 Banyuputih Muhammad Asrofi menyampaikan harapanya meskipun kegiatan ini menggunakan webinar, semoga maeri yang disampaikan ini dapat dipahami oleh para peserta.

“Dengan adanya kegiatan webinar PMR ini saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada segenap peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini,” ujar Muhammad Asrofi dalam sambutan pembukaan.

Kegiatan webinar  tersebut diawali pembukaan oleh Vina Yuliana selaku moderator, dilanjutkan dengan penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penutupan. Tak mau menyia nyiakan sesi tanya jawab dengan pemateri, Nabila Shinta salah satu Anggota PMR kelas 11 bertanya kepada pemateri tentang lambang bulan sabit merah pada logo PMI, yang kemudian pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh pemateri Rahmawati Yunia Astuti. Setelah melaksanakan webinar berjalan satu jam lebih tiga puluh menit, webinar tersebut di tutup oleh moderator.( Rahma Dewi, Sintya / Zy)