Pokjaluh Sragen Lakukan Penyembelihan Kurban di RPH, Tasyarufkan Sesuai Prokes ke Mustahik

Sragen-Penyuluh Agama Islam Kabupaten Sragen patut diacungi jempol, ditengah kesibukan untuk menyosialisasikan SE Menag No.17 dan pemantauan hewan kurban, Kamis dini hari (22/07) melakukan penyembelihan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Gemolong sebagai salah satu kegiatan Pokjaluh berupa Tebar Hewan Kurban.

Ketua Pokjaluh Sragen, Dewi Anisatul Munawaroh menyatakan bahwa pelaksanaan Qurban tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, penyembelihan dilaksanakan di RPH, berpedoman pada SE. 17 Tahun 2021 dan dengan Protokol kesehatan yang ketat. Adapun jumlah hewan kurban 3 ekor sapi dan 3 ekor Kambing. Kegiatan pembagian daging kurban dipusatkan di masjid Al Ikhlas  Dukuh Tapan Desa Cangkol Kecamatan Plupuh, Kamis (22/07) yang dihadiri Kasi Bimas Islam, Erfandi dan Kasubbag TU H. Khumaidin.

“Setelah tahun lalu penyembelihan kurban tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, tahun ini walaupun masih pandemi dan adanya PPKM, kami tetap bisa melaksanakan tebar kurban walaupun tentunya harus berpedoman dengan SE Nomor 17 Tahun 2021, sehingga penyembelihan kurban dilakukan di Rumah Penyembelihan Hewan dan pendistribusian langsung ke mustahik” kata Dewi.

“Tahun ini tebar hewan kurban kami lakukan di Dukuh Sidowayah Cangkol 1 ekor  kambing, 2 ekor kambing di  Dukuh Gondanglegi Kelurahan Gilirejo Baru Kecamatan Miri dan  3 ekor sapi didistribusikan ke warga Dukuh  Tapan, Dukuh Bojong dan Dukuh Gunung Tugel Desa Cangkol Kecamatan Plupuh” tambah Dewi.

Dalam kesempatan tersebut  Ketua Panitia Tebar Kurban, Dwi Dayat menjelaskan bahwa Shohibul Qurban terdiri dari Bupati Sragen, ASN Kemenag Sragen, Jamaah binaan Penyuluh Agama Islam, Koperasi Amal Bakti Kementerian Agama Kab. Sragen, karyawan Kospin Jasa Cabang Sragen, Karyawan BKK Karangmalang, dan dari BPR Syariah Sragen.

“Dukungan tebar hewan kurban benar-benar kami rasakan. Bupat Sragen, ASN Kemenag, jamaah binaan penyuluh dan beberapa donator lain yang mengikhlaskan untuk berkurban melalui Pokjaluh” kata Dwidayat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Tapan, Pariyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pokjaluh Kankemenag Kab. Sragen yang telah mendistribusikan daging kurban di Desa Cangkol, semoga Pokjaluh Sragen terus bisa memberikan kemanfaatan kepada umat dengan berbagai program yang telah dicanangkan.

Maturnuwun kami sampaikan kepada Kemenag Sragen khususnya Pokjaluh Sragen yang telah memberikan bantuan daging kurban kepada kami, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami yang mayoritas belum mampu melaksanakan kurban, semoga amal panjenengan diterima Allah SWT” kata Pariyo yang diamini semua yang hadir.(dewi)