Pondok Pesantren Menghadapi UN lewat Tyr Out Ujian Nasional Paket B/Wustha

Jepara – Seksi PD pontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara melaksanakan Try Out ujian Nasional untuk Pondok Pesantren pada hari Jum’at 7 April 2017. Bertempat di aula I Kankemenag Try Out diikuti oleh 80 pesera yang berasal dari 4 Pondok Pesantren penyelenggara UN.

Acara dibuka oleh Kepala Kankemenag Kab. Jepara Nur Rosyid didampingi Kasi PD Pontren Muslich. Nur Rosyid menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah merilis berbagai program dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pondok Pesantren termasuk melaksanakan Try Out UN. Diharapkan dengan kegiatan ini akan dapat meningkatkan kualitas kelulusan bagi peserta didik dalam mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Paker B /Wustha pada Ponpes Penyelenggara program.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, UN paket B pada Pontren akan dilaksanakan gelombang pertama pada tanggal 13 mei 2017 untuk mapel Bahasa Indonesia dan PKN, 14 mei MTK dan IPS dan 20 mei Bahasa Inggris dan IPA. Untuk gelombang dua akan dilaksanakan tanggal 7, 8 dan 14 Oktober 2017.

Kasi PD Pontren, Muslih  menyampaikan bahwa di Jepara terdapat 4 ponpes penyelenggara Wajib Belajar Pendidikan dasar (Wajardikdas) yaitu Ponpes Al Inayah Guyangan, Darul Musyawaroh Banjaragung, Al Falah Bakalan dan Nurul Huda Mantingan.

Dari kegiatan ini diharapkan terwujudnya pengembangan kualitas santri Wajardikdas Paket B/Wustha dalam mengikuti Ujian Nasional sehingga mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (jpr/bd)