Porseni Eratkan Silaturahmi

Purbalingga –  Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) Terbatas antar Kantor Kementerian Agama dan IAIN Tahun 2018 yang digelar di Surya Yuda Centre Park, Sabtu (28/04) berlangsung sukses. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini berlangsung meriah dan penuh semangat kekeluargaan. Selain Kankemenag Kabupaten Banjarnegara sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan, enam peserta  lainnya adalah kontingen Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan IAIN Purwokerto.

Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono menjelaskan, kegiatan ini terlaksana berdasarkan hasil keputusan musyawarah 6 Kepala Kankemenag dan Rektor IAIN Purwokerto.

“Kegiatan ini disepakati oleh 6 Kepala Kankemenag, yaitu Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Rektor IAIN Purwokerto tanggal 4 April lalu di Banyumas,” ungkap Karsono.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kebersamaan, jiwa sportivitas, memperkuat ukhuwah, membina persaudaraan/silaturahmi dan menumbuhkan minat/bakat di bidang olah raga dan seni. Sedangkan cabang lomba yang dipertandingkan meliputi Bulu Tangkis (Pa), Bola Voli (Pa/Pi), Tenis Meja (Pa/Pi), Futsal (Pa), Catur (Pa/Pi) dan Solo Song (Pa/Pi).

Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Masdiro dalam amanatnya selaku Pembina Upacara menyampaikan, Porseni terbatas ini diharapkan memiliki tiga manfaat.

“Pertama, silaturahmi dan saling mengenal antara pegawai Kankemenag antar kabupaten. Yang kedua, sebagai ajang refreshing setelah menjalani rutinitas sebagai khoodimul ummah (pelayan masyarakat) agar tidak mengalami kejenuhan dan dapat fresh kembali, sehingga kinerja semakin meningkat. Ketiga, dengan olah raga dan seni diharapkan menjadi sehat jasmani dan rohani. Al 'aqlu salim fii jismi salim – Akal yang sehat terdapat dalam jasmani yang sehat,” ungkap Masdiro.

“Yang terpenting jaga sportivitas dan tidak perlu terlalu serius, ini kegiatan persahabatan. Dibuat segembira mungkin agar tujuan refreshing tercapai,” himbaunya.  

Ia menambahkan, Porseni yang diramaikan sekitar 500 peserta ini mengangkat tema “Wujudkan Kebersamaan, Tanamkan Jiwa Sportivitas dan Mantapkan Tekad untuk Membangun Ukhuwah”. (sar/gt)