Pramuka Dorong Siswa MIN 2 Rembang Berprestasi

Rembang – Pramuka merupakan sarana efektif untuk mengembangkan mental peserta didik di sekolah. Melalui pramuka, peserta didik ditempa untuk menjadi insan mandiri, mengembangkan potensi diri, dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Kegiatan Pramuka ini diikuti secara aktif oleh peserta didik MIN 2 Rembang. Berkat kegigihannya berkegiatan Pramuka, puluhan siswa MIN 2 Rembang yang tergabung dalam Pramuka Gudep 04.056 Putri Barung Hijau MIN 2 Rembang, meraih predikat ‘Pramuka Tergiat 1. Sementara untuk Gudep 04.055 Putra Barung Merah meraih Predikat Tergiat 4.

Prestasi ini diraih dalam perhelatan Pesta Siaga Tingkat Kecamatan Sale yang diselenggarakan baru-baru ini oleh Kwaran Sale di Lapangan Desa Sale, Kecamatan Sale.

Kepala MIN 2 Rembang, Sya’dullah mengatakan, prestasi ini diraih berkat kegigihan peserta didik MIN 2 Rembang dalam berlatih Pramuka. Anak-anak yang tergolong masih usia dini ini terus didorong untuk mengembangkan potensi dirinya melalui kegiatan Pramuka.

Dikatakan Sya’dullah, Pramuka merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk membina generasi bangsa agar mengembangkan poteni spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya.

Menurutnya, pramuka juga mendorong siswa untuk berakhlak mulia, menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, dan meningkatkan ketrampilan siswa sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat bagi sesama.

“Pramuka juga mendidik anak-anak mempunyai jiwa kepemimpinan, mempunyai jiwa yang tangguh, sehingga diharapkan mampu menjawab persoalan bangsa,” ujar Sya’dullah.

Melalui Pramuka ini, Sya’dullah mendorong siswa-siswi MIN 2 Rembang untuk terus berprestasi dan menebar manfaat bagi orang lain. — iq/bd