PTS Berbasis Komputer Mulai Di Uji Cobakan

Surakarta – MTs Al Mujahidin sudah menerapkan Ujian berbasis komputer pada pelaksanaan penilaian tengah semester genap Ahad (10/3).

CBT ini bukan tergolong baru karena sudah dimulai sejak pelaksanaan PAS semester ganjil Bulan Desember kemarin. Bedanya kali ini kelas 9 yang mendapat kesempatan lebih banyak untuk melakukan ujian dengan komputer.

Untuk ujian di bulan Maret ini agak berbeda formatnya dimana kelas 7 dan 8 melaksanakan PTS sedangkan kelas 9 langsung PAS.

“Ini merupakan agenda yang sudah di tetapkan oleh Kemenag melalui kalender akademik yang dirilis awal tahun ajaran,” ujar salah seorang pengawas.

Pada ujian kali ini MTs Al Mujahidin menerapkan PTS CBT dengan menggunakan aplikasi Candy CBT dimana mirip dengan CBT untuk UAMBN dan UNBK.

“Ya kita mencoba membiasakan siswa kelas 9 untuk mengerjakan latihan soal maupun ujian dengan komputer karena nantinya mereka ujiannya juga dengan komputer” ujar Kepala MTs Al Mujahidin Surakarta  Didik setiawan saat memantau pelaksanaan PTS.

Pelaksanaan hari pertama dengan menggunakan candy CBT terdapat beberapa kendala seperti input soal yang masih manual sehingga ada beberapa soal Bahasa Indonesia yang tidak ada soal ceritanya. Dari sisi siswa masih belum bisa login dengan sempurna karena terkendala di settingan server utamanya.

“Secara garis besar pelaksanaan PTS berbasis komputer ini lancar hanya ada beberapa kendala teknis saja,” jelas Dian K. Aristiyanto guru sekaligus proctor yang menyeting CBT ini.

Kedepannya MTs Al Mujahidin akan menerapkan penggunaan komputer secara luas dan terintegrasi sehingga lebih efisien serta mempermudah pekerjaan administrasi sekolah. (rahadian-rma/bd)