Rapat Penguatan Implementasi Moderasi Beragama pada Kemenag RI

Kakanwil mengikuti rapat penguatan implementasi moderasi beragama yang diselenggarakan oleh Kemenag RI

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad mengikuti rapat koordinasi tentang penguatan implementasi moderasi beragama, didampingi oleh Tim Moderasi Beragama Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Rapat Koordinasi dibuka secara langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, secara daring melalui Zoom Meeting, pada Selasa (2/11/21).

Dalam rapat ini dikuti oleh para pejabat eselon I, serta pejabat eselon II dan III dari Kemenag pusat maupun daerah. Selain itu, hadir juga Tim Ahli dari Pokja Moderasi Beragama, Lukman Hakim Saifuddin dan Alisa Wahid.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas atau yang sering di sapa dengan Gusmen, berpesan agar seluruh ASN Kemenag dapat memperhatikan bagaimana mengimplementasikan Moderasi Beragama.

“Mengingat keadaan saat ini yang terjadi di Indonesia tentang moderasi bergama, diharapan seluruh ASN Kemenag mulai dari pejabat eselon I hingga ke bawah, serius dalam mengikuti Master Training Moderasi Beragama yang telah dirancang oleh tim pokja yang akan diselenggarakan secara bergantian, tim pokja telah menyiapkan materi sebaik mungkin,” kata Gusmen.

Diakhir sambutannya, Gusmen menambahkan, ASN Kemenag dalam moderasi beragama harus menjadi cerminan untuk seluruh kementerian.

“Kita sebagai leading sector seluruh kementerian, saya dapat laporan ada ASN Kemenag yang sikapnya masih tidak moderat, terlihat jelas dipostingan sosial medianya. Saya harap jangan adalagi yang seperti ini dan jangan bikin malu,” tegasnya.

Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Musta’in Ahmad juga menghimbau khususnya para ASN Kemenag di Jawa Tengah, agar dapat menerapkan arahan dari Kemenag Pusat dengan sungguh-sungguh dan berjiwa moderat, disampaikan setelah mengikuti rapat koordinasi.

“Apa yang telah disampaikan oleh Gusmen, kita lakukan dengan sungguh-sungguh, sehingga ASN Kemenag khususnya di Lingkungan Kanwil Jateng bisa menjadi cerminan juga untuk Kanwil lain,” ujar Musta’in. (dian/ali)