Ratusan Siswa Madrasah Ikuti KSM

Magelang (Penma) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 digelar Selasa hingga Rabu, 22-23 Mei 2017 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang. KSM diikuti oleh 385 siswa madrasah dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Siswa-siswi madrasah tersebut merupakan delegasi dari 35 Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah yang telah mengikuti seleksi di daerah masing-masing. Rangkaian kegiatan KSM diawali dengan acara pembukaan pada Selasa malam (22/5) di gedung Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN 1 Magelang. Pembukaan KSM secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Farhani, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan hari ke dua KSM Rabu (23/5) diawali dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh peserta dan utusan dari 35 Kabupaten/Kota. Sebagai pengambil apel adalah Nurkholis, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah. Dalam amanatnya, Nurkholis menyampaikan bahwa KSM merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat madrasah, kabupaten/ kota, provinsi dan nasional. “KSM 2017 ini adalah KSM ke enam kalinya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama,” tutur Nurkholis.

Lebih lanjut Nurkholis berharap peserta dapat meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas serta nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains. Para pemenang juara pertama nantinya akan dikirim untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah pada KSM tingkat nasional di Yogyakarta tanggal 7-12 Agustus mendatang.

“Selanjutnya selamat berkompetisi, berlomba dengan sportif dan jujur, insyaallah akan didapat hasil yang mabrur tidak sekedar dalam penilaian juri tetapi dalam penilaian Allah. Dengan KSM kita wujudkan siswa madrasah yang sehat, unggul dan berdaya saing global,” kata Nurkholis mengakhiri amanatnya.

Setelah melaksanakan apel pagi seluruh peserta KSM mengikuti tes tertulis. Bidang studi yang dilombakan untuk tingkat SD/MI adalah Matematika dan IPA, untuk SMP/MTs: Matematika, Biologi dan Fisika dan SMA/MA: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Selain itu untuk tiap bidang studi yang dilombakan tersebut ditambah dengan tes materi Agama Islam.

KSM adalah ajang kompetisi olah pikir dan kreativitas siswa madrasah yang dapat mendorong siswa madrasah selalu meningkatkan kemampuan intelektual berdasarkan nilai-nilai agama. [asym/wul]