Ratusan Siswa MAN Purworejo Diterima di PTN Tanpa Tes

Purworejo – Sebanyak 103 Siswa MAN Puworejo yang lulus tahun ini, berhasil lolos masuk Perguruan tinggi Negeri melalui Jalur Undangan, tanpa melalui tes seleksi tertulis. Hal ini diungkapkan kepala MAN Purworejo, Wachid Adib dalam acara pelepasan siswa MAN Purworejo pada Selasa, (09/05) di Halaman Kompleks MAN Purworejo Pangen jurutengah.

Keberhasilan Siswa MAN Purworejo yang lulus seleksi melalui jalur undangan tersebut terbanyak ke dua dibandingkan seluruh MAN di Jawa Tengah yang diterima tanpa tes untuk masuk PTN.

Menurut Lukman, salah satu pegawai MAN Purworejo menerangkan, jalur undangan banyak diminiati siswa karena tidak perlu mengikuti seleksi ujian tertulis, selain itu biaya seleksi telah ditanggung panitia penyelenggara

“Jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri terdiri dari  jalur seleksi nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional meliputi jalur undangan dan jalur tes tertulis. Rata-rata siswa MAN Puwororejo yang lolos seleksi PTN melalui Jalur undangan melalui Jalur SPAN-PTKIN. “ terang Lukman

“SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. “kata Lukman (nuxon/af)