Rawatlah Gigi Anak Dengan Baik

Surakarta – Banyaknya jenis makanan ringan dan murah yang dijajakan di kantin atau toko-toko kelontong yang ada di sekitar madrasah, nampaknya memerlukan pengawasan yang ekstra bagi para guru terhadap jajanan  yang dikonsumsi oleh para muridnya.Terutama, makanan dengan tampilan dan rasa yang mencolok, gurih atau yang terlalu manis yang dapat merusak kesehatan tubuh maupun gigi para siswa, kondisi seperti ini, perlu adanya perhatian yang khusus dari para pengajar untuk mengecek komposisi dari bahan-bahan yang digunakan. Apakah sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh lembaga Pengawas Obat dan Makanan (POM) atau justru sebaliknya. 

Untuk mengantisipasi hal itu, RA  Perwanida kedatangan 26 Mahasiswa Kedokteran Gigi UMS Surakarta yang berencana memeriksa semua gigi para siswanya, Jum’at (22/3).

Kedatangan para calon dokter gigi ini yang dipimpin oleh Aulia Putri Ovilianita tersebut, disambut dengan ramah oleh kepala RA Perwanida Sarkin yang  di dampingi bagian Humas, Afit Yusisari Trisnani, serta para guru dan anak-anak.

Salah satu tujuan kunjungan ini menurut mereka untuk mengadakan kegiatan obesrvasi dan penelitian tentang kesehatan gigi anak.

Aulia selaku ketua rombongan memperkenalkan diri dan berpesan tentang pentingnya merawat gigi. Anak-anak diingatkan dan diajari cara menggosok gigi yang benar yang harus dilakukan minimal dua kali sehari. ”Lebih baik dilakukan setelah makan,” ucapnya.

Diluar dugaan, para mahasiswa ini memperoleh sambutan yang meriah dari anak-anak meskipun belum saling mengenal. Begitu maksud dan tujuannya adalah untuk mengadakan skrining tentang kesehatan gigi, anak – anak mengikutinya dengan senang hati.

“Ternyata mereka sangat ramah dan baik hati, sehingga (kami) mau diperiksa semuanya,” ujar salah satu siswa setelah diperiksa giginya. Padahal, sebelumnya anak-anak sempat membayangkan kalau pemeriksaan gigi itu identik dengan cabut gigi dan sebagainya. 

Akhirnya, satu persatu anak-anak itu mengikuti pemeriksaan hingga selesai. Dari hasil pemeriksaan itu didapati beberapa anak giginya berlubang  bahkan ada yang habis dan karies, oleh karena itu, para mahasiswa tersebut menekankan kepada anak-anak agar selalu rajin merawat dan menggosok giginya setiap hari dengan teratur tiap pagi dan menjelang akan tidur malam.

“Ketika akan tidur, tidak makan dan minum yang terlalu panas dan dingin. (Jangan) makan  makanan yang terlalu manis agar giginya sehat dan kuat,” ujar calon dokter itu sungguh-sungguh . (sarkin-rma/bd)