Rayakan Idul Adha, MAN Blora Sembelih Hewan Qurban

Blora – Sebagai wujud rasa syukur keluarga besar MA Negeri Blora kepada Allah SWT, sekaligus dalam rangka merayakan Idul Adha 1439 H, segenap warga MAN Blora melaksanakan penyembelihan qurban berupa 2 (dua) ekor sapi dan 1 ekor kambing, kemarin (23/08).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel penyerahan hewan qurban dari siswa diserahkan kepada Kepala Madrasah, Amirudin Azis yang selanjutnya diserahkan kepada panitia qurban untuk dilakukan penyembelihan. Penyembelihan qurban dilaksanakan di halaman madrasah yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

“kami ingin membagikan hewan Qurban ini kepada masyarakat sekitar sebagai upaya menumbuhkan kepedulian sosial khhususnya bagi kaum dhuafa”paparnya serius.

Hadir dalam pelaksaan qurban itu hampir semua warga madrasah, jajaran guru, karyawan dan perwakilan siswa (OSIS) MAN Blora.

Rutinitas kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun ini adalah cerminan pelaksanaan madrasah yang ditujukan untuk mendidik siswa dalam mengembangkan kualitas iman dan taqwanya.

Menurut Waka Humas Ibu Siswati, pemotongan hewan qurban merupakan pembelajaran bagi para siswa tentang arti berqurban dan berbagi kepada sesama. Beliau berharap bahwa kegiatan pemotongan hewan qurban ini jangan dinilai dari materialnya saja, tetapi yang lebih penting adalah hikmah dari acara qurban itu sendiri, dimana kita semua melatih diri untuk rela berkorban karena hidup sejatinya adalah pengorbanan.

Ketua Panitia Qurban Sutikno, S.Pd., salah satu guru di MAN Blora, serta Wakamad Bidang Kesiswaan Bapak Fandholin, M.Pd.I., mengatakan, bahwa sebagian hewan qurban itu dibagikan kepada siswa yatim dan siswa kurang mampu. Sementara sebagian lainnya dibagikan ke warga di sekitar madrasah aliyah. Kali ini daging qurban dibungkus dengan daun jati.

Sumber dana untuk membeli hewan qurban didapat dari iuran siswa dan arisan qurban bapak/ibu guru beserta seluruh staff madrasah.

Cuaca yang sangat panas tidak mengurangi keceriaan semua yang hadir, karena acara ini sekaligus menjadi ajang sambung rasa diantara sesama warga madrasah. Alhamdulillah, seluruh prosesi acara berjalan lancar dan aman sejak penyembelihan hewan qurban sampai pembagian daging qurban kepada warga disekitar madrasah. Sebagai penutup acara, seluruh peserta acara penyembelihan qurban makan bersama untuk lebih mengikat kebersamaan. (umi/ima/bd)