Rencanakan Tasyarufkan Zakat Bulan Puasa Untuk Kemaslahatan

Banjarnegara – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu UPZ resmi yang telah melaksanakan tugas pemungutan zakat bagi ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Banjarnegara, untuk semester pertama (Januari – Juni) pemumungan selesai dilaksanakan dan sudah 100%.

Laporan hasil  pelaksanaan sudah di laporkan ke BAZNAS kabupaten Banjarnegara  dan sedianya agan segera di tasyarufkan oleh BAZNAS Kabupaten bekerja sama dengan UPZ  Kankemenag Kabupaten Banjarnegara. Semester ini berhasil terkumpul  Rp. 375.134.148,- dalam bentuk rekening.

Sesuai dengan ketentuan,  zakat tersebut ditasyarufkan oleh BAZNAS kabupaten 75% ke wilayah UPZ tersebut  berasal. Untuk menindaklanjuti hal tersebut diadakan rapat persiapan pentasyarufan ZIS  hari ini (06/06) di Aula Kankemenag Banjarnegara.

Kepala Kankemenag Banjarnegara H. Masdiro berharap, “Agenda rutin penting ini sesuai ketentuan syar’i dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”jelasnya.

Aspek tepat guna dan tepat sasaran juga perlu di akomodasi yang nantinya bisa bermanfaat bagi mustahik. “Hal ini perlu di kelola dengan baik, karena di sekitar kita banyak yang memerlukan bantuan, dan zakat termasuk salah satu alternatifnya,” tambahnya.

Sesuai laporan dari Penyelanggara Syariah, M.Syafi, pentasyarufan ke mustahik rencana diberikan kepada fakir miskin dan pendidikan.  Untuk fakir miskin terdiri dari zakat produktif  20 orang sebesar 1,5 juta dan mustahik fakir miskin sejumlah 184 orang yang masing-masing mendapatkan 300 ribu. Sedangkan pendidikan  ditasyarufkan kepada 277 orang sebesar 300 ribu. Total rencana di tasyarufkan 481 mustahik.

Adapun rencana pelaksanaan akan dilakukan 15  Juni 2017 besok di Aula Kankemenag Banjarnegara. Pada rapat dibahas cek list kegiatan dan usulan terkait kelancaran acara dengan harapan nantinya bisa berjalan dengan lancara dan sukses. (Nangim/af)