Revitalisasi KUA: Semangat Memberikan Totalitas Pelayanan Untuk Masyarakat

Kota MagelangKick Off Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di siarkan secara live streaming pada Sabtu, 29 Mei 2021, di KUA Banjarnegara Jawa Tengah. Revitalisasi KUA menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama di era ini. KUA Banjarnegara yang beralamat di Jalan Selamanik No. 15 Kutabanjarnegara Krandegan Kecamatan  Banjarnegara menjadi 1 diantara 6 KUA di Indonesia yang menjadi model layanan percontohan selain KUA Kecamatan Ciawi Gebang Jawa Barat, KUA Kecamatan Sewon DIY, KUA Kecamatan Sidoarjo Jawa Timur, KUA Kecamatan Gunung Sugih Lampung, dan KUA Kecamatan Biringkanaya Sulawesi Selatan.

KUA Banjarnegara memiliki fasilitas yang representatif sebagai kantor pelayanan publik berstandar nasional. Bangunan seluas seluas 1.130 M⊃3; diatas tanah tersebut berlokasi ditempat strategis yang mudah untuk  dijangkau oleh masyarakat. Ditahun lalu KUA Banjarnegara memperoleh kucuran dana sebesar 700 juta rupiah untuk membangun dan melengkapi bermacam fasilitas layanan yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (BSN). Dengan suntikan dana tersebut, kini layanan KUA Banjarnegara telah pula berbasis digital sehingga memudahkan masyarakat mengaskses layanan yang tersedia.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan “Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) bertujuan untuk memberikan totalitas layanan bagi masyarakat. Kementerian Agama RI adalah milik semua umat. Oleh karenanya, KUA yang telah ada disetiap kecamatan harus memberikan pelayanan kepada seluruh umat. Untuk mencapai itu semua, kita memerlukan kesadaran pegawai di jajaran Kementerian Agama agar memiliki dedikasi dan integritas yang maksimal dalam menjalankan tigas dan fungsinya” tegas Menag RI.   

Malam ini Sabtu (29/05) di Aula Kantor di gelar meeting zoom mengikuti pencanangan program revitalisasi KUA yang dihadiri oleh Kasubbag TU, Para Kasi dan Gara, PAIF dan Staf KUA di lingkungan  Kantor Kementerian Kota Magelang. Kapala Kantor Sofia Nur mengatakan “Kita semua harus menyukseskan program revitalisasi KUA yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama. Selain layanan haji, KUA Kecamatan menjadi wajah dan garda terdepan potret layanan di Kementerian Agama. Setidaknya kita bisa belajar meningkatkan mutu layanan KUA dari KUA Banjarnegara. Keterbatasan anggaran janganlah menjadi hambatan dalam memberikan layanan yang terbaik masyarakat. Tahap demi tahap kita akan terus meningkatkan kualitas layanan KUA yang sesaui dengan kebutuhan dan kultur masyarakat Kota Magelang” ungkap Sofia.

Diakhir acara, Sofia Nur tak lupa mengucapkan terimakasih atas kesedian para ASN-nya yang telah meluangkan waktu untuk hadir mengikuti pencanangan revitalisasi KUA di Aula Kantor. Disamping itu, beliau juga meminta maaf telah menyita waktu yang seharusnya untuk keluarga mengingat diselenggarakan pada hari libur. (HS).