Ribuan Masyarakat Purworejo ikuti Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Purworejo– Ribuan masyarakat memadati Jl. Setia Budi Purworejo untuk mengikuti jalan santai yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Purworejo dalam rangka memperingati Dies Natalis FKUB Kab. Purworejo satu dasawarsa yang jatuh pada sabtu (25/02).

Kegiatan jalan santai yang dipusatkan di sekitar Alun-alun Purworejo tersebut diikuti lebih dari seribu peserta terdiri dari tokoh agama dari 6 unsur agama, organisasi keagamaan lintas agama, pelajar dari sekolah berciri agama, dan masyarakat umum.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, melepas rombongan jalan santai di depan pendopo kabupaten, bersama Forum Pimpinan Daerah Kab. Purworejo, Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo SIK, Dandim 0708 Letkol Aswin Kartawijaya, serta Ketua FKUB Purworejo KH R Junaidi Jazuli.

“Harmonisasi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Purworejo harus dipertahankan.” Kata Yuli Hastuti

Ketua FKUB Kab. Purworejo, KH R Juanaidi Jazuli menyampaikan Kegiatan yang melibatkan seluruh umat beragama yang ada di Kab. Purworejo tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga kerukunan umat beragama, baik intern dalam satu agama maupun antar agama.

Dalam kegiatan ini panitia menyertakan pelajar dari sekolah berbasis keagamaan agar kegiatan ini dapat menginspirasi utamanya kaum generasi muda untuk lebih menjaga kerukunan umat beragama. Selain itu pemilihan kegiatan jalan santai sebagai kegiatan peringatan dies natalis satu dasawarsa FKUB sebagai kegiatan yang tidak hanya sekedar seremonial belaka tapi menyentuh akar rumput yang melibatkan beragam komunitas kegamaan, dan beragam usia. “Inilah potret keragaman keagamaan di Purworejo,” Kata Jazuli

Rute yang ditempuh pada Jalan santai FKUB Kab. Purworejo sekitar 5 Km, dimulai start dari Jl Setia Budi, belok kanan ke jalan Urip Sumoharjo, belok kanan melewati Jl. Ki Mangun sarkoro, menuju Jl. Mayjen Sutoyo dan kembali ke Jl. Setia Budi.

Untuk memeriahkan acara, pihak penyelenggara menggelar jajanan pasar dan minuman gratis serta hiburan berupa organ tunggal. Panitia juga menyediakan ratusan doorprize, dengan hadiah utama 5 Sepeda gunung. (nuxon/Af)