Rodliyah : Guru Olah Raga Harus Peka Potensi Siswanya

Kudus – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus bersyukur dan berbangga hati atas raihan prestasi siswanya di tahun 2017. Madrasah yang berlokasi di  Desa Jepang Kecamatan Mejobo mampu menyabet 2 (dua) medali emas melalui peserta didiknya yang  dikirim pada kejuaraan Atletik Terbuka “Bahurekso Cup V” Tingkat Nasional di Kabupaten Kendal tanggal 12 sd 14  Mei 2017. Masing-masing oleh Agus Firmansyah siswa kelas VIII untuk cabang atletik lari 60 m  putra dan Endian Bagas Prasetyangga di cabang tolak peluru putra.

Keikutsertaan kedua siswa tersebut merupakan rangkaian pola pembinaan yang dilakukan MTs Negeri 2 Kudus bagi siswa-siswa berprestasi di bidang non  akademik. Sebelumnya, mereka telah berhasil meraih prestasi dengan menjuarai cabang masing-masing dalam pelaksanaan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten Kudus  dan Karesidenan Pati. Bahkan di tingkat Karesidenan ,Agus mampu meraih Juara I untuk2 (dua) Kategori yaitu Lari  100m dan 200 m putra.

Pola pembinaan yang dimaksud adalah dengan menyalurkan peserta didik yang memiliki bakat prestasi pada cabang atletik untuk mengikuti pemusatan kegiatan di PASI Kabupaten  Kudus.Harapanya dengan mau mengikuti kegiatan di organisasi induk,  kemampuan akan terus terasah dan meningkat, serta kesempatan untuk meraih prestasi di event-event resmi akan lebih banyak.

Rodliyah selaku Kepala MTs Negeri 2 Kudus, melalui Mudjijanto guru maple olahraga  sangat menekankan bahwa bakat yang ada pada peserta didik MTs Negeri 2 Kudus harus di gali. Guru olahraga tidak hanya mengajarkan pengetahuan dan teknik semata tetapi juga peka terhadap potensi siswa binaannya yang  dapat dikembangkan   dalam rangka meraih prestasi lebih tinggi.Lebih lanjut dikatakan, bahwa guru tidak hanya sekedar menuntut siswanya untuk berprestasi tetapi juga mencarikansolusi, artinya tidak berhenti pada satu kejuaraan semata.

Atas prestasi yang diraih oleh kedua siswa tersebut,  Rodliyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang  telah mendukung dan mengupayakannya.Pada saat berita ini dibuat, sesuai informasi yang disampaikan oleh M.Firdaus selaku Ketua Harian PASI Kudus, keduanya masih mengikuti seleksi untuk masuk di Pusat Pendidikan dan Latihan (PPLP)  Provinsi Jawa Tengah.(Agus/3m)

 

RABU  11: 20