Samakan Persepsi Dan Sinergikan Tugas Pokok Dan Fungsinya Pengawas Madrasah Dan Pengawas PAI Gelar Rapat Koordinasi

Batang – Bertujuan untuk silaturahmim dan lebih mendekatkan hubungan kerja Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) kabupaten Batang menggelar Rapat Koordinasi bertempat di kediaman Sobirin salah satu pengawas pendidikan kecamatan Bawang pada Rabu (2/06). Hadir dalam acara itu seluruh Pengawas Pendidikan baik Madrasah maupun Pengawas Pendidikan Agama Islam.

Ketua Pokjawas Kabupaten Batang H. Nafian yang mempimpin acara itu mengatakan bahwa rakor bulanan ini membicarakan banyak hal tentang isu-isu kegiatan pendidikan terbaru yang harus dipahami dan disikapi oleh para pengawas.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan untuk tukar informasi selama satu bulan dari para Pengawas, sehingga kedatangan teman-teman Pengawas sangat di harapkan. Kita tahun bahwa tupoksi pengawas Madrasah dan PAI berbeda, namun saling berkolaborasi untuk membuat Pendidikan di kabupaten Batang dapat bersinergi antara Sekolah dan Madrasah kususnya bidang agama,” kata H. Nafian .

Sementara itu H. Agus Nugroho dalam kesempatan itu  mengatakan bahwa pokjawas Kabupaten Batang cukup berbangga diri karena dari sisi kegiatan publikasi, pokjawas Batang mendapat peringkat ke tiga dengan berita sebanyak 10 berita publikasi, maka kita bisa berpacu untuk peringkat di kesempatan berikutnya.

“Hari kamis tanggal 4 Juni 2021 besuk ini akan ada monitoring BOS Madrasah, maka dalam serapan BOS harus sudah 75 %, dan kegiatan yang tertunda untuk kegiatan BOS Madrasah dapat dialihkan ke pembelian pulsa bagi peserta didik di Madrasah,” kata H. Agus Nugroho.

Koordinator Pokjawas Madrasah H. Makmuri memberikan informasi bahwa pendidikan di madrasah, hari ini sudah mulai melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sehingga kita dapat segera melakukan supervisi.

Monggo bapak ibu Pengawas madrasah untuk melaksanakan supervisi PAT, untuk melihat potret terlaksananya kegiatan di madrasah,bila ada temuan dapat kita diskusikan kembali,” katanya.

Dia menambahkan bahwa proposal bantuan kegiatan Pokjawas Madrasah sudah berjalan dan sudah di upload tinggal nunggu verifikasi pihak propinsi Jawa tengah.

Sedangkan Hj. Minarsih menginformasikan bahwa melihat perkembangan kondisi pandemic covid-19 di kabupaten Batang yang belum mereda, maka menurutnya kegiatan silaturahim APSI tahun ini untuk sementara ditiadakan

Di akhir kegiatan dimembahas kegiatan tupoksi Pengawas, dimana endingnya adalah laporan kinerja pengawas. Untuk Pengawas madrasah laporan kinerja di kumpulkan di H. Makmuri sedangkan laporan kinerja Pengawas PAI di koordinir oleh H Nafian.(Siswo/Zy)