Sambur Muharram, Madrasah Akan Gelar Kemah Pelajar

BLORA – Menyambut hadirnya bulan Muahrram 1438 H, Kementerian Agama Blora melalui seksi Pendidikan Madrasah akan menggelar kemah pelajar bagi Madrasah tsanawiyyah dan madrasah Aliyah se-Kabupaten Blora pada awal Muharram di lapangan alugoro 410 Blora.Demikian disampaikan Plt Kasi pendidikan Madrasah kemenag Blora, Fathul Himam dalam rapat koordinasi madrasah kemaren (15/9) di Aula Kemenag Blora.

Acara tersebut menurut Plt Kasi Pendidikan Madrasah, Fathul Himam, diselennggarakan sebagai bagian dari syiar Islam dan dakwah khususunya bagi Umat Islam untuk memperingati tahun baru Hijriyah sebagai pergantian tahun bagi umat Muslim yang perlu melakukan gebyar dakwah secara luas di masyarakat.

Untuk itu, Himam berharap peserta kemah dari madrasah baik MTs maupu  Aliyah akan menjaga nama baik Blora sehingga menunjukkan pelajar madrasah mampu berprestasi, serta menjaga kedisiplinan dan bertanggungjawab melalui kegiatan kemah tersebut.

Menurutnya, pada malam hari nanti akan digelar Blora bersholawat sehingga peserta diharapkan mensukseskan program tersebut sedangkan pada tanggal 21 September nanti peserta akan dikerahkan ke alun alun Blora untuk melakukan pawai taaruf sebagai upaya memperlihatkan gebyar syiar Muharram di masyarakat.

“kami mengharapkan kemah ini akan melatih pelajar untuk berdisiplin, mempererat silaturahim antara madrasah dan pelajar serta menjadi syiar Muharram bagi  masyarakat Blora”paparnya serius.

“untuk itu kami mengharapkan masing masing madrasah segera mensosialisasikan di madrasah masing masing dan mempersiapkan sebaik mungkin karena kemah ini akan banyak perlombaan dan kegiatan keagamaan yang berdampak baik bagi peserta”imbuhnya.

Hal senada disampaikan kepala kankemenag Blora, Nuril Anwar,SH,MH yang menyampaikan bahwa acara kemah pelajar madrasah ini diharapkan kembali mengingatkan kepada umat Islam di Blora untuk senantiasa memperingati pergantian tahun dengan hal yang posiitif terutama dalam membentuk mental dan karakter yang tangguh bagi siswa.

Untuk itu, kemah nanti akan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan maupun perlombaan yang bertujuan untuk mempererat ukhuwah sesama peserta kemah, maupun memebentuk mental juara yang sportif dan berkualitas sehingga bisa benar benar bermanfaat bagi pelajar madrasah.

“mari kita galakkan semangat Muharram untuk membentuk mental pelajar  madrasah yang disiplin,kreatif dan tangguh serta  menyebarkan Syiar Islam secara luas bagi warga Blora”ujarnya.

Selanjutnya dibahas hal teknis oleh koordinator lomba, Ali Ahmadi dan pengawas, Mustaqim terkait teknis kegiatan dan berbagai kegiatannya. (ima/bd)