Pembangunan sarpras MTs N 2 Banjarnegara

Sambut Tahun Ajaran Baru, MTs N Banjarnegara Bangun 4 Ruang Kelas

Banjarnegara – Sarana dan prasarana pendidikan merupakan bagian penting yang berperan secara langsung maupun tidak langsung untuk menunjang jalannya proses pendidikan sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Sekolah atau Madrasah yang memiliki sarana dan prasarana pendidikan memadai sangat menunjang proses belajar mengajar di sekolah karena merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 menyebutkan sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah.

Eko Widodo selaku wakasarpras di MTs Negeri 2 Banjarnegara atau sering disebut dengan julukan Metrobara (MTsN loro Banjarnegara) melakukan banyak persiapan dan berbenah untuk menyambut peserta didik baru tahun pelajaran 2021-2022.

“Dalam persiapan sarana dan prasarana, madrasah mendapat anggaran dari komite dan dari DIPA (APBN) berupa RKB 4 kelas yang pelaksanaan pembangunannya dimulai dari bulan November 2020 dan direncanakan selesai di awal bulan Juli pada tahun 2021,” ungkapanya pada Senin pagi (28/6)

Prediksi bangunan tersebut akan dimanfaatkan pada saat awal Tahun Pelajaran Baru 2021-2022. Eko Widodo menuturkan bahwa akan juga diadakan pengadaan meja kursi untuk 4 ruang kelas baru tersebut.

“Untuk kenyamanan peserta didik dan membuat suasana madrasah yang asri, sehat, dan sejuk Madrasah akan menyiapkan pembangunan ruang sirkulasi atau rumah jalan sepanjang 45 meter. Persiapan ini juga dalam rangka keikutsertaan MTs Negeri 2 Banjarnegara yang akan maju sebagai Sekolah ADIWIYATA tingkat provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Untuk menyambut tahun ajaran baru tahun ini, persiapan sarana dan prasarana lain yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan sarpras kelas riset dan tahfidz. Karena kelas ini merupakan kelas khusus dan kelas program unggulan dari MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Kelas riset ini menindaklanjuti himbauan dari Kakankemenag Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto yang mengapresiasi prestasi dari peserta didik MTs Negeri 2 Banjarnegara yang telah menorehkan juara 2 Robotic Tingkat Nasional. Yang semua fasilitas sarprasnya akan memenuhi kebutuhan peserta didik dan akan terus menerus melakukan pembenahan seiring dengan berjalannya waktu.

Terakhir, Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ratna Ayu Kartika Wulan juga meminta doa kepada semua  pihak untuk kelancaran pembagungan sarpras ini.

“kami mohon doa dari masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat Banjarnegara pada umumnya, mudah-mudahan pembangunan sarpras ini berjalan dengan lancar sesuai rencana dan tidak ada halangan yang berarti. Semoga nantinya fasilitas sarpras ini bermanfaat untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Selanjutnya kami juga merencanakan pembangunan indor guna kegiatan peserta didik kedapannya nanti. Mudah-mudahan rencana kami dapat direalisasikan,” pungkasnya (ek/ak/rf)