Sebanyak 502 Jamaah Calon Haji Kota Surakarta ikuti Manasik Haji di Pendapi Gede Balaikota

Surakarta – Sebanyak 502 jamaah calon haji Kota Surakarta yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci mengikuti manasik haji massal tingkat Kota Surakarta di Pendapi Gedhe Komplek Balaikota Surakarta, Sabtu (30/6)

Walikota Surakarta yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kota Surakarta Said Romadlon membuka secara resmi manasik haji massal. Ia berpesan kepada seluruh jamaah calon haji, supaya mengikuti proses manasik haji dengan tekun hingga selesai meskipun ada yang pernah mengikuti umroh atau haji.

“Saya minta jamaah calon haji mendengarkan saran-saran yang disampaikan para pembimbing manasik haji,” ujarnya.

Selain itu, walikota juga berpesan supaya para jamaah calon haji lebih bersabar dan disiplin dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan haji, termasuk menjaga kesehatan dan selalu mengikuti arahan pembimbing haji.

Selanjutnya sebelum berangkat ke tanah suci, calon jamaah haji diwajibkan memahami ilmu ibadah haji sebagai bekal pelaksanaan haji, sebab ibadah haji memiliki karakter tersendiri. Selain diwajibkan  sekali seumur hidup bagi yang mampu dan memenuhi segala persyaratan juga harus dilaksanakan sesuai dengan tuntunan dan syariat Islam. Untuk itu manasik haji harus dipahami dengan baik sebagai gladi bersih pelaksanaan haji yang akan dilaksanakan ditanah suci,”ungkapnya.

Manasik haji ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada calon jamaah haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar. Untuk itu, Said Romadlon  mengharapkan dapat mengikuti dan menyimak penyampaian materi manasik haji dengan baik serta mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan agar menjadi haji mabrur.

“Ditambahkan pula bahwa para pembimbing harus juga memahami karakter jamaah yang dipimpinnya.”katanya .

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Muslim Umar menjelaskan, tahun ini ada sebanyak 502 jamaah calon haji yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

“Yang terdiri dari 231 putra dan 271 putri, mutasi masuk dari luar daerah berjumlah 21 orang terdiri dari; 14 putra dan 17 putri.

Muslim Umar menjelaskan lebih lanjut peserta yang mengikuti kegiatan manasik haji ini terdiri dari jemaah calon haji Kota Surakarta terbagi dalam 3 kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 38 sebanyak 43 jemaah calon haji dan 2 TPHD dan TKHD,berangkat dari Surakarta tanggal 28 Juli 2018 pukul 04,30 WIB. Kloter 39 terdiri dari 355 jemaah calon haji dan 3 TPHD dan TKHD berangkat dari Kota Surakarta tanggal 28 Juli 2018 pukul 07.30 WIB, dan kloter 40 terdiri dari 138 jemaah calon haji dan 2 TPHD dan TKHD, berangkat dari Kota Surakarta tanggal 28 Juli 2018 pukul 09.30 WIB. (rma/Wul)