Sejalan dengan Komitmen Pemerintah, Kemenag Turut Mendorong Program Vaksinasi melalui “Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin”

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng akan menggelar Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin,  sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan terhadap Pondok Pesantren (Ponpes) dan percepatan pelaksanaan vaksinasi kepada para kyai dan santri pada Ponpes se Jawa Tengah. Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad mengatakan kegiatan itu akan berlangsung Kamis 2 September 2021.

“Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin diselenggarakan atas kerja sama instansi terkait dari Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Kabupaten/Kota, para Penyuluh Agama Islam, serta Kepolisian dan TNI,” tutur Musta’in, Rabu (1/9).

Musta’in juga mengatakan bahwa Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin ini menargetkan sepuluh ribu kyai, ustadz/ustadzah, dan santri di Jawa Tengah dan akan berkelanjutan sesuai ketersediaan vaksin.

“Vaksinasi tersebut akan diberikan kepada 10.000 kyai, ustadz/ustadzah, dan santri pada Ponpes yang pemetaannya tersebar di 35 Kabupaten/Kota,” lanjutnya.

Musta’in menambahkan, kegiatan yang akan terpusat di Ponpes Al Falah Kabupaten Demak esok akan menghadirkan Menteri Agama Republik Indonesia secara virtual.

Kakanwil optimis sejalan dengan komitmen pemerintah, Kemenag akan terus mendorong program vaksinasi, dengan menargetkan vaksin untuk 8.635 kyai, 46.181 ustadz/ustadzah, dan 539.255 santri. Ikhtiar ini menjadi bagian dari kontribusi santri dan pesantren dalam mewujudkan herd immunity. (qq)