Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Kab. Batang Gelar Sosialisasi Simpeg 5.0 Kusus Untuk Guru Pendidikan Agama Islam

Batang – Updating data adalah kebutuhan yang sangat fital bagi seluruh ASN tak terkecuali ASN Kementerian Agama Kab Batang yang melaksanakan tugas di instansi lain. Maka PAI bekerja sama dengan pengawas PAI dan para guru PAI melaksanakan updating data pada hari ini, Selasa (15/06) kegiatan ini di laksanakan di Aula Kementerian Agama Kab Batang. Updating data ini menjadi tanggung jawab individu, maka setiap ASN yang berada dalam lingkungan keluarga besar Kementerian Agama Kab Batang meskipun dalam tugas diperbantukan di Instansi lain tetap harus melaksanakan updating data lewat simpeg 5.0 ini.

Hj. Mahmudah Kasi  PAI Kementerian Agama Kab Batang dalam sambutanya mengatakan bahwa updating data lewat simpeg 5.0 menjadi tugas kita sebagai ASN secara pribadi, untuk itu pelaksanaannya di berikan kepada masing-masing pribadi ASN.

Updating data kepegawaian untuk kali ini dengan aplikasi simpeg 5.0 menjadi tanggung jawab pribadi secara mandiri, artinya di aplikasi itu semua ASN dapat memasuki dan membuka sendiri serta menginput datanya disitu secara mandiri,” kata Hj. Mahmudah.

Menyinggung pelaksanaan pretest PPG ( Pendidikan dan Pelatihan Guru) tahun ini dia menjelaskan bahwa ini Batang mendapatkan kuota 24 dan yang masuk pada gelombang pertama 6 peserta tercatat sebagai yang daftar tunggu di tahun 2018 dan yang 18 pelaksanaannya masuk pada gelombang kedua, dengan kegiatan yang dilaksanakan 99 persen secara daring.

Sementara itu H.Nafian Ketua Pokjawas mengatakan bahwa kegiatan apdeting data melalui simpeg 5.0 ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan.

“ Suasana di batang kita lihat aman dari covid-19, namun kita tetap waspada, dalam semua kegiatan mari kita tetap tertib mengikuti protokol kesehatan, karena bagaimanapun juga kita pendidik, bukan hanya untuk kita saja kita melakukan itu namun sebagai edukasi dilingkungan kerja dan rumah kita,” tegas H. Nafian.

Selanjutnya dia mengatakan bahwa besuk pagi ada kegiatan zom meeting dengan kanwil Jateng dan kelompok Pengawas PAI seluruh Jawa Tengah dengan mengambil tema silaturahim dan halal bihalal. Untuk itu dia berharap para guru PAI untuk dapat mengikuti kegiatan itu.

Sedangkan Siswo Pengawas TK/SD Kemanag Kab. Batang yang bertindak sebagai pemateri mengatakan bahwa yang terpenting dalam pengapdeting data di simpeg 5.0 adalah berkas harus di scan dulu mulai dari ijasah SD sampai terakhir, piagam Diklat, SK pangkat golongan mulai dari CPNS sampai terakhir, jabatan guru , tanda penghargaan, pengalaman, organisasi, karya tulis ilmiah, KGB awal sampai akhir, SKP minimal 2 tahun terakhir, PKG kalau kenaikan pangkat sebelum 2014, dokumen di scan berwarna bentuk pdf maksimalan 2 mb, user dan password menggunakan NIP DAN 123456. (Siswo/Zy)