Seleksi Tahap II Perekrutan Petugas Haji Jawa Tengah

Semarang – Pagi ini Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar Tes Kompetensi dan Wawancara Tahap II Calon Petugas yang Menyertai Jamaah Haji (TPHI – TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Provinsi Jawa Tengah tahun 1436H/2015M di Asrama Haji Transit Manyaran Semarang, 23 April 2015 dari pukul 08:00 s.d. 15:00 WIB.

Tes ini merupakan kelanjutan dari tes tahap I yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 April 2015 di masing-masing Kankemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, sehingga peserta tes tahap II ini merupakan perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota yang telah lolos pada seleksi tahap I.

Tes kompetensi dan Wawancara tahap II ini diikuti oleh 127 orang untuk formasi TPHI, 112 orang unk formasi TPIHI dan 34 orang untuk formasi PPIH Arab Saudi, dimana kebutuhan jumlah petugas berdasarkan perubahan seat pesawat unk Embarkasi Adi Soemarmo Solo tahun 1436H sebanyak 67 orang untuk formasi TPHI, 67 orang untuk formasi TPIHI dan 11 orang untuk formasi PPIH Arab Saudi.

Adapun materi yang diujikan dalam tes tertulis dan wawancara meliputi pemahaman penyelenggaraan haji, manasik haji, manajerial kloter dan baca tulis Al Qur’an.

Menurut Ketua Panitia tes Drs. H. Maksum yang sempat diwawancarai menyebutkan bahwa “Tujuan dari seleksi ini adalah mendapatkan petugas-petugas haji Indonesia yang profesional, handal, berkualitas dan berakhlakul karimah dalam melayani para jamaah haji nantinya, adapun rekrutmen telah dilaksanakan sesuai dengan sistem yang berlaku secara adil, terbuka dan transparan. Harapan akhirnya adalah tercapainya penyelenggaraan ibadah haji yang tertib, aman dan nyaman”.

Sebelum pelaksanaan tes dimulai diawali dengan apel kesiapan peserta yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Prof. DR. H. Abdul Djamil, MA, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Ahmadi, M.Ag, Inspektur Wilayah IV  Kementerian Agama RI DR. H. Rojikin, SH.,M.Si. (gt)